Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

PUPR Komitmen Percepat Tol Cigatas Hingga Anggaran Perbaikan Jalan di Jabar Naik

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono memastikan sejumlah komitmen penganggaran infrastruktur Jawa Barat tahun ini.
Menteri PUPR Basuki Hadimuljono usai menggelar pertemuan dengan Penjabat Gubernur Jabar Bey Triadi Machmudin di Kantor PUPR, Jakarta, Rabu (28/2/2024).
Menteri PUPR Basuki Hadimuljono usai menggelar pertemuan dengan Penjabat Gubernur Jabar Bey Triadi Machmudin di Kantor PUPR, Jakarta, Rabu (28/2/2024).

Bisnis.com, BANDUNG--Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono memastikan sejumlah komitmen penganggaran infrastruktur Jawa Barat tahun ini.

Komitmen disampaikan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono usai menggelar pertemuan dengan Penjabat Gubernur Jabar Bey Triadi Machmudin di Kantor PUPR, Jakarta, Rabu (28/2/2024).

Dalam pertemuan tersebut Bey didampingi Pj Sekda Jabar Taufiq BS dan Kepala Dinas Bina Marga dan Penataan Ruang (BMPR) Jabar Bambang Tirtoyuliono. Sementara Basuki didampingi Dirjen Bina Marga, Dirjen Cipta Karya dan Kepala BPJT. 

Menteri Basuki mengatakan selain BIUTR, pertemuan tersebut juga menghasilkan 4 kesepakatan PUPR dengan Pemerintah Provinsi Jawa Barat. 

Pertama, soal peningkatan jalan tambang di Parung  Panjang, Bogor. "Kami akan laksanakan peningkatan jalan provinsinya," ujarnya dalam keterangan yang didapat bisnis.

Namun komitmen ini juga menurut Basuki harus disertai dengan upaya Pemprov melanjutkan jalan khusus tambang. Pihaknya menunggu skema yang tengah disusun oleh Pemprov terkait pembangunan jalan khusus tersebut.

"Nanti kami bantu," katanya.

Kedua, untuk jalan tol Cileunyi-Garut-Tasikmalaya (Cigatas) pihaknya menargetkan pemenang lelang akan diketahui pada Juli mendatang agar proses pembangunan jalan tol tersebut bisa segera dilaksanakan.

Basuki juga menambahkan jika pihaknya mendapat laporan jika saat ini akan dilakukan adendum kualifikasi dan penambahan desain jalan tol terpanjang tersebut.

"Sehabis itu, setelah lebaran, April pertengahan akan dilelang. Kalau lelang itu dua bulan berarti Mei-Juni, Juli bisa ada pemenangnya. Dengan pemenangnya akan segera kita laksanakan konstruksinya," katanya. 

Komitmen ketiga dengan adanya Inpres Jalan Daerah, PUPR memastikan akan ada peningkatan anggaran bagi perbaikan jalan provinsi, kabupaten kota di Jawa Barat.

"[Anggaran] Akan jauh lebih besar dibanding Tahun 2023. Usulannya ada Rp1,2 triliun untuk perbaikan jalan inpres di Jawa Barat ini," tuturnya.

Selanjutnya selain inpres jalan daerah, ada inpres air minum dan pengelolaan air limbah yang menurut Basuki bisa dimanfaatkan Provinsi Jawa Barat. 

Saat ini ada 5 kabupaten/kota di Jabar belum memasukan programnya antara lain Kota Bogor, Kabupaten Bekasi, Kota Bekasi, Cirebon dan Sukabumi.

"5 Hal itu yang jadi fokus, untuk bisa kita kolaborasikan antara Pemerintah Pusat dan Jawa Barat. Ini kesempatan yang baik dengan adanya Pak Gubernur, Pak  Bey ini," tuturnya.

Pj Gubernur Jabar Bey Triadi Machmudin mengatakan pihaknya mengapresiasi dan berterima kasih pada Menteri Basuki dan jajaran Kementerian PUPR yang sudah menerima pihaknya dan membahas infrastruktur di Jawa Barat.

"Responsnya sangat baik, dan ada beberapa rencana yang akan dilakukan pada tahun ini," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler