Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Proyek Tol Cigatas Bakal Molor ke 2029, Wagub: Pusat Tidak Serius

Pembangunan proyek tol Cigatas (Cileunyi, Garut, Tasikmalaya) diprediksi pengerjaannya akan molor hingga 2029.
Ilustrasi/Bisnis
Ilustrasi/Bisnis

Bisnis.com, BANDUNG--Pembangunan proyek tol Cigatas (Cileunyi, Garut, Tasikmalaya) diprediksi pengerjaannya akan molor hingga 2029.

Wakil Gubernur Jabar Uu Ruzhanul Ulum mengatakan problem pembebasan lahan ditenggarai akan mengganjal perjalanan proyek ini.

"Jawabannya untuk Cigatas ini agak molor sampai selesainya di 2029 karena permasalahannya pembebasan lahannya yang dianggap agak panjang dan agak sulit dibandingkan dengan yang lainnya," katanya di Gedung Sate, Bandung, Senin (10/10/2022).

Menurutnya, pemerintah pusat kurang serius dalam mengerjakan proyek dengan total anggaran puluhan triliun rupiah itu. Padahal jalan tol ini sangat diharapakan dan ditunggu-tunggu oleh masyarakat.

"Kalau diperpanjang lagi sampai 2029 menurut kami pemerintah pusat tidak serius, tidak tahu kebutuhan kami di wilayah Jawa barat. Tol ini sangat mendesak bisa kita undang lihat pemerintah untuk mengikuti alur jalan Tasik Bandung," ungkapnya.

Awalnya, kata Uu, berdasarkan informasi awal pembangunan tol ini akan selesai pada 2024 bersamaan dengan selesainya kepemimpinan Presiden Joko Widodo. Namun, kabar teranyar justru molor hingga 2029.

"Sekarang katanya 2029 dengan alasan pembebasan tanah sebenarnya. Kami pemerintah provinsi juga siap memfasilitasi untuk membantu untuk berkomunikasi dengan masyarakat," ujarnya.

Uu makin khawatir jika pembangunan tidak sesuai target, kepemimpinan atau presiden selanjutnya tidak memegang komitmen untuk menyelesaikan proyek tol yang digandang-gadang terpanjang di Indonesia ini.

"Siapa tahu pemimpin yang akan datang tidak merespon tidak komitmen, kalau kepemimpinan pak Jokowi jelas kan komitmennya sekarang kenapa mundur sampai 2029?"

Meski sulit dia berharap target pengerjaan tetap bisa selesai di akhir kepemimpinan Presiden Jokowi. Adapun soal pembebasan lahan, Pemprov Jabar dikatakannya siap memfasilitasi.

"Kalau masalah (lahan) kami siap membantu memfasilitasi berkomunikasi dengan masyarakat seadanya ada kendala," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper