Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pemkab Sumedang Percepat Implementasi Elektronifikasi Transaksi Pemda

Pencapaian Pemkab Sumedang tahun 2022 dalam implementasi ETPD berada di peringkat ke-32 nasional dengan skor indeks ETPD 97,50% di kategori Pemda Digital.
Penjabat (Pj) Sekretaris Daerah Kabupaten Sumedang Tuti Ruswati (kanan)
Penjabat (Pj) Sekretaris Daerah Kabupaten Sumedang Tuti Ruswati (kanan)

Bisnis.com, SUMEDANG -- Penjabat (Pj) Sekretaris Daerah Kabupaten Sumedang Tuti Ruswati memastikan pihaknya terus mempercepat implementasi Elektronifikasi Transaksi Pemerintah Daerah (ETPD). 

Hal tersebut disampaikan dalam High Level Meeting (HLM) Sinergi dan Kolaborasi Tim Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah (TP2DD), Selasa (19/12/2023). 

Pencapaian Pemda Kabupaten Sumedang tahun 2022 dalam implementasi ETPD berada di peringkat ke-32 nasional dengan skor indeks ETPD 97,50% di kategori Pemda Digital. 

"Ini seiring dengan nilai SPBE Tahun 2022 sebesar 3,84 sebagai bukti akselerasi pembangunan Kabupaten Sumedang melalui transformasi, inovasi dan kolaborasi sistem pelayanan publik dapat menyentuh tingkat Sumedang Happy Digital Region," tuturnya. 

Pencapaian tersebut, terang Tuti, tidak terlepas dari peran serta anggota TP2DD Kabupaten Sumedang. 

"Mampu mendorong implementasi elektronifikasi transaksi pemerintah daerah sehingga dapat mendukung transparansi, tata kelola dan pengintegrasian dalam sistem keuangan,"jelasnya. 

Dijelaskan Tuti, implementasi ETPD yang dilaksanakan TP2DD dapat terlihat dari kegiatan transaksi keuangan melalui QR Code. 

"Di antaranya pada pembayaran KIR, pembayaran pajak daerah melalui Siapdol, pengelolaan BUMDes Simpati Wargi di Desa Sukajaya, dan tiket masuk Tahura Gunung Kunci dengan penggunaan kanal-kanal pembayaran melalui BJB Digi, Pos Indonesia, Alfamart, Indomart, Tokopedia, akun Virtual Qris Bank BJB," katanya. 

Tuti menyebutkan, HLM TP2DD ini, diharapkan selain sebagai eviden dalam memenuhi indikator penilaian ETPD, juga meningkatkan kerjasama dan kesamaan persepsi dari semua stakeholder terkait rencana aksi ETPD. 

 "Dengan dukungan dan komitmen , Sumedang bisa menjadi pelopor dalam menerapkan teknologi informasi untuk meningkatkan pelayanan dan respon terhadap kebutuhan Masyarakat,” katanya. 

Kepala Bappenda Kabupaten Sumedang Rohana mengatakan tujuan kegiatan ini untuk menyusun langkah-langkah konkrit untuk mempercepat transformasi digital pemerintahan. 

Tantangan terbesar dalam penerapan sistem ini kata dia terletak pada realisasi pembayaran wajib pajak, khususnya terkait Pajak Bumi dan Bangunan (PBB). 

"Tentunya Strategi untuk memperluas kanal pembayaran dan merubah perilaku masyarakat menjadi kunci dalam meningkatkan pendapatan dari ETPD," katanya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dea Andriyawan
Editor : Ajijah

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler