Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kota Cimahi Daerah dengan Pengangguran Tertinggi di Jabar, Terendah Pangandaran

BPS mencatat pada Agustus 2023, Kota Cimahi menjadi daerah dengan Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) terbesar di Jawa Barat yakni mencapai 10,52%.
Ilustrasi/Bisnis
Ilustrasi/Bisnis

Bisnis.com, BANDUNG -- Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat pada Agustus 2023, Kota Cimahi menjadi daerah dengan Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) terbesar di Jawa Barat yakni mencapai 10,52%.

Kepala BPS Jawa Barat Marsudijono menyebutkan secara spasial, Kota Cimahi dengan tingkat pengangguran terbuka terbesar jika dibandingkan dengan kota kabupaten lainnya di Jawa Barat. 

Meski demikian, Marsudijono menilai Cimahi dan seluruh kota/kabupaten lainnya di Jawa Barat mengalami tren penurunan pengangguran jika dibandingkan periode yang sama pada 2022 lalu. 

"Pengangguran 2023 [Kota Cimahi] itu mampu lebih baik dari pada Agustus 2022 yang mencapai 10,77%," ungkap dia, Senin (6/11/2023). 

Selanjutnya, untuk TPT tertinggi selanjutnya di Jawa Barat terjadi di Kabupaten Kuningan 9,94%, Kota Bogor 9,39%, Kabupaten Karawang 8,95%, Kabupaten Bekasi 8,87% dan Kota Bandung 8,83%.

Sementara itu, untuk daerah di Jawa Barat dengan TPT terendah terjadi di Kabupaten Pangandaran dengan 1,56%.

Meski demikian, secara umum pihaknya mencatat TPT menurut kabupaten kota seluruh kabupaten kota mengalami penurunan pada periode Agustus 2023 dibandingkan 2022 yakni dari 7,89% menjadi 7,44%.

"Kalau dilihat value-nya 2,01 juta orang pada Februari, pada posisi Agustus 2023 mengalami penurunan menjadi 1,89 juta orang [pengangguran]," jelasnya. 

Ia pun berharap kondisi penurunan pengangguran ini terus berlanjut dengan potensi naiknya pertumbuhan ekonomi di triwulan IV 2023 nanti yang akan mampu menekan jumlah pengangguran di Jawa Barat. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dea Andriyawan
Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper