Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Akselerasi Penanganan Stunting, Ibu Hamil di Sumedang Bakal Dapat Kartu Telur

Pemerintah Kabupaten Sumedang terus mengejar zero new stunting dengan memberikan stimulus makanan bergizi kepada ibu hamil.
Ilustrasi ibu hamil
Ilustrasi ibu hamil

Bisnis.com, SUMEDANG -- Pemerintah Kabupaten Sumedang terus mengejar zero new stunting dengan memberikan stimulus makanan bergizi kepada ibu hamil. Hal ini sebagai langkah awal menyiapkan generasi emas di 2045.

Penjabat (Pj) Bupati Sumedang Herman Suryatman mengatakan upaya tersebut akan direalisasikan dengan menyiapkan Kartu Telur yang akan diberikan kepada seluruh ibu hamil di Kabupaten Sumedang. 

Ia mengatakan, langkah ini dilakukan untuk memberikan akses kepada seluruh ibu hamil di Sumedang dalam mengonsumsi protein hewani dari telur. Sehingga, dengan stimulus ini, diharapkan para ibu hamil bisa mengoptimalkan golden time yakni 1.000 hari pertumbuhan anaknya.

“Untuk yang kurang mampu diberi telur 4 kg per bulan dan yang mampu diberi diskon. Bentuknya bukan uang tapi berupa kartu," kata Pj Bupati Sumedang Herman Suryatman usai memberikan arahan kepada para Kepala OPD di Pendopo Setda Pusat Pemerintahan Sumedang (PPS), Kamis (2/11/2023).

Menurutnya, setiap ibu hamil ini nantinya tinggal mengambil telur di warung-warung yang telah bekerjasama dengan Pemda Sumedang dengan memperlihatkan kartu telur tersebut. Hal ini, kata dia, akan mengakselerasi penanganan stunting secara masif. 

"Saat ini ada delapan ribu ibu hamil nanti akan diidentifikasi mana yang tidak mampu dan mampu. Kami akan berikan untuk ibu hamil satu hari dua butir. Diberikan langsung agar bisa langsung dikonsumsi," ungkapnya.

Lebih lanjut Herman mengatakan, saat ini formulanya sedang dipersiapkan. Rencananya, kegiatan ini akan efektif dilaksanakan pada bulan Januari tahun 2024 mendatang. 

"Efektif dilaksanakan Januari 2024 tapi a akan diujicoba dalam waktu dekat," katanya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dea Andriyawan
Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper