Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Sumedang Sudah Siapkan Regulasi Tangkap Peluang Investasi dari Tol Cisumdawu

Pemkab Sumedang sudah melakukan sejumlah langkah untuk menangkap peluang investasi dan pembangunan pascaberoperasinya Tol Cisumdawu.
Penjabat (Pj) Sekda Kabupaten Sumedang Tuti Ruswati
Penjabat (Pj) Sekda Kabupaten Sumedang Tuti Ruswati

Bisnis.com, SUMEDANG -- Penjabat (Pj) Sekda Kabupaten Sumedang Tuti Ruswati memastikan pihaknya sudah melakukan sejumlah langkah untuk menangkap peluang investasi dan pembangunan pascaberoperasinya Tol Cisumdawu.

Tuti mengatakan pihaknya sudah melakukan persiapan dari jauh-jauh hari agar beroperasinya Tol Cisumdawu ini akan berdampak positif bagi perekonomian di Sumedang.

"Ini tidak bisa dilakukan secara serta merta pada saat pembangunan, tapi jauh-jauh hari kami sudah mempersiapkan, bagaimana memposisikan diri setelah Sumedang dilintasi jalan tol," ujarnya, Kamis (19/10/2023).

Menurut Tuti, yang pertama dipersiapkan adalah dari sisi regulasi. “Bagaimana suatu kawasan pertumbuhan baru yang tentunya harus dibuat suatu regulasi berupa peraturan daerah tentang revisi rencana tata ruang wilayah. Itu sudah kami lakukan pada tahun 2018,” kata Tuti.

Jalan tol Cisumdawu merupakan proyek strategis nasional yang melintasi Sumedang dan harus ditangkap menjadi peluang serta tantangan. 

“Keberadaan jalan tol menjadi tantangan dan peluang. Untuk menangkap peluang investasi maka harus ada regulasi. Kami sudah memiliki Perda tentang kemudahan berinvestasi di Kabupaten Sumedang. Peraturan bupatinya minggu ini sedang disiapkan untuk ditetapkan," katanya.

Selain itu, Tuti mengungkapkan pemerintah harus menangkap peluang lain dari aksesibilitas. 

"Untuk aksesibilitas kita akan meminta ke pemerintah pusat yang berwenang agar Kabupaten Sumedang ini setelah dilewati tol tidak menjadi kota mati. Maka harus dibangun peluang-peluang yang menarik di setiap exit tol, agar masyarakat pengguna jalan tol tidak hanya sekedar melewati tetapi bisa mampir ke Sumedang," terangnya. 

Oleh karena itu, terang Tuti, di setiap exit tol, pemerintah mempersiapkan fasilitas menarik mulai dari kuliner, pariwisata dan lain sebaginya. 

"Sekarang sudah mulai terlihat untuk exit tol di Sumedang kota sudah demikian ramai. Mudah-mudahan ini bisa meningkatkan PDRB Sumedang dari nilai investasi. Kemudian dari PAD, mudah-mudahan bisa meningkat dengan adanya proyek-proyek strategis nasional," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dea Andriyawan
Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper