Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

WJ-Digisef: Saatnya Percepat Transformasi Digital untuk Perkuat Pertumbuhan Ekonomi

Erwin mengatakan, ekonomi keuangan syariah berperan penting dalam resiliensi ekonomi nasional.
Kepala Perwakilan Bank Indonesia Jawa Barat Erwin Gunawan Hutapea./Bisnis
Kepala Perwakilan Bank Indonesia Jawa Barat Erwin Gunawan Hutapea./Bisnis

Bisnis.com, BANDUNG -- Bank Indonesia Jawa Barat menyebut saat ini menjadi waktu yang tepat untuk mewujudkan transformasi digital guna menjadikan ekonomi syariah dan ekonomi hijau sebagai salah satu sumber pertumbuhan ekonomi baru. 

Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Perwakilan Bank Indonesia Jawa Barat Erwin Gunawan Hutapea usai membuka gelaran West Java Digital and Sharia Economic Festival (WJ-DIGISEF) Expo 2023 di Trans Convention Center Bandung, Jumat (25/8/2023).

"Kegiatan ini menjadi kegiatan rutin di Jawa Barat, gelaran ini bertujuan semakin memperkuat implementasi digital dan halal lifestyle guna mendukung pertumbuhan ekonomi keuangan syariah menuju pembangunan Jawa Barat yang inklusif dan berkelanjutan," ungkap dia.

Erwin mengatakan, ekonomi keuangan syariah berperan penting dalam resiliensi ekonomi nasional. Di masa pandemi saja, pelbagai sektor ekonomi syariah tercatat menjadi penopang pertumbuhan ekonomi nasional yang mengalami kontraksi. 

Bahkan di tahun ini, kinerja empat sektor unggulan halal value chain yaitu fesyen muslim, pariwisata ramah muslim, halal food, hingga pertanian diperkirakan akan terus tumbuh positif dan menjadi pendorong pertumbuhan ekonomi nasional.   

Untuk itu, konsistensi dari stakeholders memiliki peran penting dalam mengakselerasi pengembangan ekonomi syariah yang didukung ekosistem digital guna menciptakan pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan dan inklusif di Jawa Barat.

Terelebih, Erwin menilai Jawa Barat memiliki potensi yang besar untuk mewujudkannya lantaran menjadi daerah dengan penduduk terbesar ke-2 di Indonesia serta menjadi daerah dengan jumlah pesantren terbanyak di Indonesia.

Di sini lain, dalam penggunaan QRIS saja, Jawa Barat merupakan salah satu provinsi dengan merchant dan pengguna QRIS terbesar secara nasional.

"Hampir 24 persen dari merchant yang menggunakan QRIS itu ada di Jawa Barat dan hampir 23 persen pengguna QRIS di Indonesia itu ada di Jawa Barat," jelasnya. 

Untuk itu pihaknya bersama Pemerintah Provinsi Jawa Barat akan terus mendorong penguatan ekosistem keuangan digital.

Bisnis Indonesia Perwakilan Jawa Barat menggelar program jurnalistik Safari Ekonomi Syariah. Program ini mendapat dukungan penuh dari Kantor Perwakilan Bank Indonesia Jawa Barat, Bank Syariah Indonesia (BSI) dan BJB Syariah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dea Andriyawan
Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper