Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ribuan Warga Perebutkan 1.648 Lowongan Kerja di Kabupaten Cirebon

Ribuan pencari kerja antusias mengikuti Job Fair Kabupaten Cirebon 2023 di SMKN 1 Gunungjati, Kecamatan Gunungjati, Kabupaten Cirebon, Senin (31/7/2023).
Ilustrasi
Ilustrasi

Bisnis.com, CIREBON - Ribuan pencari kerja antusias mengikuti Job Fair Kabupaten Cirebon 2023 di SMKN 1 Gunungjati, Kecamatan Gunungjati, Kabupaten Cirebon, Senin (31/7/2023).

Para pencari kerja berharap, ajang tersebut bisa memudahkan warga dalam mencari kerja. 

Pantauan di lokasi, ribuan para pencari kerja tersebut memadati lokasi job fair sejak pukul 08.00 WIB. Padahal, bursa kerja tersebut dibuka mulai pukul 10.00 WIB. 

Pencari kerja di Job Fair 2023 yang dilaksanakan Dinas Ketenagakerjaan (Disnaker) Kabupaten Cirebon dan SMKN1 Gunungjati ini didominasi oleh kalangan muda yang datang dari wilayah Kota Cirebon, Kabupaten Cirebon, Kabupaten Kuningan, hingga Kabupaten Indramayu. 

Berdasarkan Informasi, ribuan pencari kerjaitu memperebutkan 1.648 lowongan pekerjaan yang disediakan oleh puluhan perusahaan ternama. 

Puluhan perusahaan tersebut di antaranya, BTPN Syariah, BFI Finance, PT Indomaret Pristama (Indomaret), PT Permodalan Nasional Madani (PNM), Rumah Sakit Mitra Plumbon, PT Sumber Alfaria Trijaya, dan Artaboga.

Seorang pencari kerja, Muhammad Amrullah (21) mengatakan, ia sengaja datang lebih awal ke lokasi job fair untuk memperoleh kesempatan kerja lebih besar dibandingkan peserta lainnya. 

Pemuda lulusan sekolah menengah kejuruan jurusan multimedia rela berdesakan dengan ribuan pencari kerja lainnya. 

"Saya sudah menganggur selama lebih dari dua tahun. Mudah-mudahan datang ke job fair ini segera mendapatkan kerja dan tidak lagi menjadi beban keluarga," kata Amrullah di lokasi job fair. 

Kepala Disnaker Kabupaten Cirebon, Nobi Hendrianto mengatakan, jobfair ini digelar sebagai tanggungjawab pemerintah untuk memastikan warganya memperoleh pekerjaan layak. 

Menurut Novi, jumlah angkatan kerja setiap tahunnya terus bertambah. Sementara, ketersediaan lapangan kerja di Kabupaten Cirebon setiap tahunnya tidak sebanding. 

"Melalui jobfair ini kami memastikan para pencari kerja ini bertemu langsung dengan pihak perusahaan untuk mencari pekerja yang sesuai dengan kebutuhan," kata Novi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Hakim Baihaqi
Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper