Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terima Kredit Mesra, 15.096 Pelaku Usaha Terbebas dari Rentenir

Bank BJB bersama Pemerintah Provinsi Jawa Barat terus mengakselerasi Program Kredit BJB Masyarakat Ekonomi Sejahtera (Mesra).
Pemimpin Divisi Kredit UMKM Bank BJB Denny Mulyadi, Kepala Bidang Usaha Kecil pada Dinas Koperasi dan Usaha Kecil (KUK) Jabar Ucup Yusuf, dan pelaku UMKM dari Pangandaran Herni Hernawati.
Pemimpin Divisi Kredit UMKM Bank BJB Denny Mulyadi, Kepala Bidang Usaha Kecil pada Dinas Koperasi dan Usaha Kecil (KUK) Jabar Ucup Yusuf, dan pelaku UMKM dari Pangandaran Herni Hernawati.

Bisnis.com, BANDUNG--Bank BJB bersama Pemerintah Provinsi Jawa Barat terus mengakselerasi Program Kredit BJB Masyarakat Ekonomi Sejahtera (Mesra).

Jumlah debitur atau penerima manfaat terus meningkat sejak digulirkan pada 2018 hingga 2022. Hingga Juni 2023 tercatat sudah menjangkau 15.096 pelaku usaha UMKM yang berada di 1.259 lingkungan rumah ibadah.

Berdasarkan catatan Bank BJB, jumlah debitur Kredit BJB Mesra pada 2021 awalnya mencapai 6.720. Menjangkau 520 rumah ibadah, kredit yang disalurkan mencapai Rp25,5 miliar.

Setehun berselang, jumlah debiturnya mengalami peningkatan mencapai 12.475. Kredit yang disalurkan sekitar Rp52 miliar dengan menjangkau 1.088 rumah ibadah hingga Februari 2023 lalu.

Pemimpin Divisi Kredit UMKM Bank BJB Denny Mulyadi mengatakan program Kredit BJB Mesra hadir dari visi Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil yaitu Jabar Juara Lahir Batin. Orang nomor satu di Jabar ini tidak ingin masyarakat juara batinnya saja, melainkan dengan lahirnya.

Ketika diawal singkatan dari Mesra tersebut adalah Masjid Sejahtera. Sebab Ridwan Kamil ingin masyarakat tidak hanya ibadah dan berdoa ke masjid, tetapi ekonomi pun harus tumbuh.

"Mesra berubah jadi Masyarakat Ekonomi Sejahtera. Ini gagasan ide yang luar biasa bagaimana memikirkan masyarakat," kata Denny saat diskusi Galang Aspirasi Politik (Gaspol) yang digelar PWI Pokja Gedung Sate di Hotel Savoy Homan, Bandung, Kamis (20/7/2023).

Denny menjelaskan, BJB saat itu merespons positif ide brilian dari Ridwan Kamil yang notabene pemilik saham melalui Pemprov Jabar. Terlebih kredit ini menyasar para pelaku usaha di lingkungan rumah ibadah.

"Secara logika, dalam ibadahnya tenang dan khusu, ekonomi terjamin. Jangan sampai ibadahnya tidak khusu karena memikirkan ekonomi," ujarnya.

Menurutnya sasaran dari Kredit BJB Mesra adalah jemaah yang tercatat dan sering datang ke rumah ibadah. Tidak hanya untuk jemaah masjid, melainkan untuk seluruh jemaah gereja, vihara, kelenteng dan sebagainya.

Denny menuturkan, alasan dipilihnya jemaah lantaran yang mengetahui persis ekonomi sekitar adalah pengurus rumah ibadah. Sehingga diketahui siapa saja mereka yang harus dibantu.

"Untuk mendapat sisi permodalan, proses mudah, bunga ringan, kita berusaha sesuai tema hari ini, bagaimana melepaskan jemaah dari bank-bank emok atau pinjaman online," ucapnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Usaha Kecil pada Dinas Koperasi dan Usaha Kecil (KUK) Jabar Ucup Yusuf mengatakan, Kredit BJB Mesra hadir karena visi misi Ridwan Kamil futuristik. Dimana ingin Jabar menjadi juara lahir dan batin.

"Jadi urusan dua-duanya harus bagus. Ini non-APBD, Bank BJB ada permodalan dari pihak ketiga. Awalnya Rp5 juta, sekarang meningkat Rp10 juta (kreditnya)" kata Ucup.

Ucup menjelaskan, latar belakang lain hadirnya Kredit BJB Mesra lantaran UMKM yang mengakses perbankan masih sedikit. Di samping itu lebih dari 50 persen UMKM  pernah mengakses bank emok maupun pinjaman online yang bunganya cukup besar.

"Menurut data BPS, UMKM Jabar memiliki kendala permodalan. 1 juta lebih pelaku UMKM terjerat rentenir dan terancam kemiskinan," paparnya.

Di tempat yang sama, Herni Hernawati, pelaku UMKM dari Pangandaran mengaku dirinya mengenal Kredit BJB Mesra ketika pandemi melanda. Usahanya terpukul oleh wabah Covid-19 ketika itu.

"Setelah covid tidak punya modal, dikasih pinjaman sebesar Rp5 juta. Usaha kami bangkit lagi sampai sekarang," kata Herni.

Herni mengaku, usaha yang dijalankannya saat ini adalah makanan ringan. Di mana omzet dan laba yang didapat cukup untuk membiayai hidupnya sekaligus bisa menolak tawaran bank emok.

"Sudah dua kali dapat pinjaman. Kami dibantu, dibina dan didampingi oleh BJB. Bank emok juga masih datang ke rumah, tapi saya tolak," ujarnya.

Heni salah satu anggota Himpunan Wanita Disabilitas Indonesia (HWDI) Cianjur juga mengaku program ini bisa memberikan kesempatan pada kaum disabilitas mengembangkan usaha.

"Kami baru 1 bulan dapat kredit mesra, ada 5 debitur. Ada anggota kami suami istri dua-duanya tuna netra terbantu sekali bisa mengakses [kredit]," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler