Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jabar Bidik Pelabuhan Patimban Jadi Tol Laut

Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Jawa Barat tengah mendorong Pelabuhan Patimban, Subang menjadi bagian dari tol laut.
Foto udara suasana di Pelabuhan Patimban, Subang, Jawa Barat, Rabu (7/9/2022). Bisnis/Eusebio Chrysnamurti
Foto udara suasana di Pelabuhan Patimban, Subang, Jawa Barat, Rabu (7/9/2022). Bisnis/Eusebio Chrysnamurti

Bisnis.com, BANDUNG—Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Jawa Barat tengah mendorong Pelabuhan Patimban, Subang menjadi bagian dari tol laut.

Kadisperindag Jabar Noneng Komara mengatakan Patimban sejauh ini masih difungsikan sebagai pelabuhan ekspor terutama untuk mengirim kendaraan mobil yang diproduksi di wilayah Karawang-Bekasi. 

“Untuk ekspor masih terbatas, menunggu pengembangan pelabuhan tahap selanjutnya,” katanya kepada Bisnis, Selasa (4/7/2023).

Namun menurutnya di sektor perdagangan justru Patimban akan menjadi strategis jika difungsikan untuk perdagangan antar wilayah. “Nilai perdagangan antar wilayah ini besar, kita sudah ada permintaan dari Kalimantan Timur untuk mengirim sejumlah komoditas,” katanya.

Menurutnya sejumlah komoditas seperti bumbu dan hasil perkebunan menjadi kebutuhan penting di wilayah Kalimantan juga Sulawesi. “Peluangnya ada, tapi Jawa Timur sudah lebih dulu karena pelabuhan mereka sudah siap jadi tol laut,” katanya.

Karena itu Noneng memastikan pihaknya akan mendorong Patimban sebagai bagian dari program tol laut pada Kementerian Perhubungan. “Kita proaktif juga karena kewenangannya ada di Kementerian Perhubungan, kita akan optimalkan di tahun depan,” ujarnya. 

Sebelumnya, Kepala BP Rebana Bernardus Djonoputro mengatakan dalam dua tahun terakhir Pemerintah Provinsi Jawa Barat menunjukkan konsentrasi tinggi pada pengembangan Patimban yang akan menjadi spotlight Rebana

“Saya akan menyampaikan kabar gembira, setidaknya ada tiga effort yang sejauh ini sudah kami lakukan,” katanya di acara Japri ‘Rebana Wajah Masa Depan Jawa Barat’ Gedung Sate, Bandung, Kamis (11/5/2023).

Pertama, Pemprov tengah melakukan revisi dan penyesuaian RDTR di kawasan tersebut agar keberadaan pengembangan Patimban ke depan bisa lebih tertata. Kedua, JICA sudah menyanggupi untuk memberikan bantuan dalam penyusunan masterplan Patimban. “Donor sudah menyanggupi,” ujarnya.

Ketiga, Kementeran ATR saat ini tengah menyiapkan masterplan dan mendetilkan RDTR yang ada di kawasan Patimban. “Planningnya paling tidak baik,” katanya.

Bernie—panggilan akrab Bernadus mengaku respons investor untuk berinvestasi di kawasan Patimban sangat cepat ketimbang penataan sosial di kawasan tersebut. Dia menyabut setidaknya sudah ada tiga investor besar yang sudah membidik kawasan industri Patimban yang disiapkan sebanyak 500 hektare.

“500an hektare kawasan industri di Patimban itu sudah pasti tidak akan cukup. Kita sudah melihat kawasan Patimban ini akan jadi interland langsung pelabuhan,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper