Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Peternak Diminta Jaga Kebersihan dan Rutin Disinfektan Kandang Hindari Penyakit PPR

Pemerintah Kabupaten Sumedang mengimbau peternak untuk memerhatikan kebersihan kandang untuk meminimalisasi infeksi penyakit terhadap ternak.
Ilustrasi/Bisnis
Ilustrasi/Bisnis

Bisnis.com, SUMEDANG -- Pemerintah Kabupaten Sumedang mengimbau peternak untuk memerhatikan kebersihan kandang untuk meminimalisasi infeksi penyakit terhadap ternak.

Dinas Perikanan dan Peternakan (Diskanak) Kabupaten Sumedang Tono Suhartono mengatakan, saat ini penyakit pada ternak belakangan ini terus muncul. 

Setelah kasus PMK dan LSD yang menyerang sapi dan kerbau, kini muncul penyakit baru yang menyerang domba dan kambing yaitu Peste des Petits Ruminants (PPR). 

Walaupun kasus PPR belum ada di Sumedang, namun Dinas Perikanan dan Peternakan (Diskanak) Kabupaten Sumedang sudah mulai antisipasi dengan cara mengimbau dan mengingatkan para peternak terhadap kemungkinan adanya serangan penyakit PPR ini.

Tono mengatakan, saat ini Diskanak sudah mulai menyosialisasikan pada masyarakat terkait PPR ini sehingga masyarakat menjadi paham dan tahu cara antisipasinya. 

"Begitu ada informasi terkait PPR kami langsung sosialisasi kepada masyarakat melalui petugas kami di lapangan sehingga peternak bisa antisipasi," jelas Tono, Jumat (9/6/2023).

Ia menjelaskan, PPR ini penyakit yang disebabkan oleh virus dan umumnya menyerang kambing dan domba. 

Adapun gejala yang terlihat saat kambing ataupun domba terserang adalah demam, hidung berlendir, nafsu makan berkurang hingga menyebabkan domba dan kambing menjadi kurus. 

"Bila ada kambing ataupun domba yang terserang PPR ini sebaiknya lekas dipisah karena khawatir menyebar ke hewan lalinnya dan segera lapor ke petugas kesehatan hewan terdekat," katanya.

Untuk itu, dalam langkah pencegahan, ia mengimbau peternak tetap menjaga kebersihan kandang dan melakukan penyemprotan desinfektan secara berkala.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dea Andriyawan
Editor : Ajijah

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper