Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Sasar Market dan Branding, Erwan Minta Promosi Ubi Cilembu Digencarkan

Wakil Bupati Sumedang Erwan Setiawan meminta promosi ubi Cilembu sebagai hasil bumi khas Sumedang terus digencarkan. 
Wakil Bupati Sumedang Erwan Setiawan
Wakil Bupati Sumedang Erwan Setiawan

Bisnis.com, SUMEDANG -- Wakil Bupati Sumedang Erwan Setiawan meminta promosi ubi Cilembu sebagai hasil bumi khas Sumedang terus digencarkan. 

Selain untuk memperluas penjualan, juga sebagai bentuk penegasan bahwa ubi Cilembu adalah produk asli Sumedang, yanko berasal dari tanah di Desa Cilembu, Kecamatan Pamulihan, Kabupaten Sumedang. 

Erwan mengatakan ubi Cilembu atau biasa dikenal dengan ubi madu, merupakan kultivar ubi jalar yaitu masuk dalam kategori ras lokal asal Desa Cilembu, Kecamatan Pamulihan, Sumedang, Jawa Barat. Dan, sudah dikenal sejak tahun 1990.

"Ubi cilembu berasa manis jika ditanam di desa Cilembu dan ubi ini dapat diolah dengan cara yang khas, serta sebagai sumber pangan alternatif dan memiliki kandungan nutrisi yang tinggi." Ujarnya.

Selain enak, ubi Cilembu juga kaya akan nutrisi yang bagus untuk kesehatan tubuh. Bahkan, ubi madu satu ini hanya ada di Indonesia.

"Ubi Cilembu khas Sumedang ini, sudah diekspor ke beberapa daerah bahkan beberapa negara, karena rasanya yang enak dan beberapa manfaat dari ubi ini," ungkapnya.

Ubi Cilembu sendiri menurut Erwan ubi jalar ras lokal yang hanya ada di Indonesia. Keunikan rasa, tekstur dan manfaatnya membuat ubi Cilembu pun disukai banyak orang.

Erwan mengungkapkan, masih banyak yang mengenal ubi Cilembu ini bukan berasal dari Sumedang, padahal ubi Cilembu atau ubi madu ini produksi khas dari Sumedang.

"Padahal ubi jenis ini hanya bisa tumbuh di tanah wilayah Desa Cilembu. Ketika dicoba ditanam di wilayah lain, rasa madunya tidak akan keluar dan hanya memiliki cita rasa seperti ubi biasa pada umumnya," ungkapnya.

Erwan berharap perkembangan ubi Cilembu ini dapat semakin berkembang, dan dapat meningkatkan perekonomian para pengusaha ubi yang ada di Sumedang, khususnya Desa Cilembu, Kecamatan Pamulihan.

"Mudah-mudahan pengenalan ubi Cilembu ini tidak hanya di daerah-daerah Indonesia saja tetapi, terus hingga ke luar negeri pun harus tahu bahwa ubi Cilembu ini, produk khas Sumedang, serta cakupannya semakin luas, sehingga dapat mendorong peningkatan pendapatan daerah dan para pengusaha ubi yang ada di Kab. Sumedang semakin makmur," pungkasnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dea Andriyawan
Editor : Ajijah

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper