Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pemkab Cirebon Diminta Fokus Lakukan Pembangunan Infrastruktur

Kondisi infrastruktur yang ada di wilayah Kabupaten Cirebon mengalami banyak kerusakan, salah satunya jalan.
Ilustrasi/Bisnis
Ilustrasi/Bisnis

Bisnis.com, CIREBON - Anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Komisi I Dave Akbarshah Fikarno mendorong Pemerintah Kabupaten Cirebon fokus terhadap pembangunan infrastruktur untuk masyarakat.

Beberapa waktu lalu, Dave mengaku, kondisi infrastruktur yang ada di wilayah kabupaten tersebut mengalami banyak kerusakan, salah satunya jalan.

“Saya mutar ke timur barat cirebon banyak ditemukan infrastruktur buruk,” kata Dave di Kabupaten Cirebon, Minggu (7/5/2023).

Dave menyebutkan, anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) Kabupaten Cirebon dan Indramayu cukup besar. Namun, pelayanan pelayanan dasar kepada masyarakat tidak maksimal.

“Harus ada kemajuan perubahan terkait pelayanan kepada masyarakat, sehingga masyarakat bisa dilayani,” ujar Dave.

Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat, total panjang  jalan di Kabupaten Cirebon yaitu, 1.240 kilometer.

Berdasarkan informasi yang berhasil dihimpun, ruas jalan dengan kondisi rusak sedang sepanjang 137,51 kilometer, dan 69,40 kilometer mengalami rusak berat.

Sementara, ruas jalan di Kabupaten Cirebon yang dalam kondisi mantap sepanjang 1.033 kilometer.

Bupati Cirebon Imron Rosyadi menyebutkan upaya penuntasan ruas jalan rusak di Kabupaten Cirebon masih terhambat adanya keterbatasan jumlah anggaran. 

Tahun ini, kata Imron, Pemerintah Kabupaten Cirebon tidak mendapatkan alokasi anggaran pendapatan belanja negara (APBN) untuk perbaikan jalan. Tahun lalu, sempat diguyur hingga Rp30,7 miliar. 

Beberapa Waktu lalu, Imron mengaku berkunjung ke Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) untuk merencanakan perbaikan ruas jalan yang rusak di Kabupaten Cirebon. 

"Bappenas siap merencanakan bantuan perbaikan jalan di Kabupaten Cirebon, tetapi nanti pada 2024," kata Imron.

Imron mengatakan, ruas jalan di Kabupaten Cirebon yang mengalami kerusakan cukup parah adalah Jalan Nyi Gede Cangkring di Kecamatan Plered. 

Berdasarkan hasil pemantauan oleh Bupati Cirebon, sepanjang ruas jalan tersebut mengalami kerusakan. Kendaraan yang melintas harus menurunkan laju kecepatan kendaraan untuk menghindari kecelakaan. 

"Rusaknya sangat parah. Saat meninjau saya langsung telepon dinas PUTR untuk segera memperbaiki ruas jalan tersebut soalnya dikeluhkan sekali masyarakat," kata Imron.

Imron memastikan, perbaikan Jalan Nyi Gede Cangkring bisa dilakukan mulai Mei 2023. "Mudah-mudahan dalam waktu dekat ini segera lelang," kata Imron.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Hakim Baihaqi
Editor : Ajijah

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper