Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bahas Inflasi Jelang Ramadan, Ridwan Kamil Kumpulkan 27 Kepala Daerah

Pemerintah Provinsi Jawa Barat dan 27 kabupaten/kota bersama Bank Indonesia membahas langkah antisipasi sejumlah isu menjelang Ramadan dan Lebaran 2023.
Gubernur Jabar Ridwan Kamil
Gubernur Jabar Ridwan Kamil

Bisnis.com, BANDUNG—Pemerintah Provinsi Jawa Barat dan 27 kabupaten/kota bersama Bank Indonesia Jawa Barat membahas langkah antisipasi sejumlah isu menjelang Ramadan dan Lebaran 2023.

Gubernur Jabar Ridwan Kamil mengatakan pihaknya akan kumpul bersama 27 kepala daerah di acara Kopdar yang digelar di Mason Pine Hotel, Bandung Barat, Kamis (16/3/2023).

“Di situ kami akan merapatkan potensi kenaikan inflasi karena pangan dan persiapan transportasi [mudik],” katanya di Gedung Sate, Bandung.

Menurutnya dua hal tersebut perlu dibahas bersama agar ada langkah antisipatif terkait adanya ancaman kenaikan harga sembako yang biasa terjadi menjelang ramadan juga persiapan daerah yang akan menjadi lintasan mudik.

“Walaupun mudik masih jauh tapi antisipasinya memang sudah disiapkan,” katanya.

Kepala Bank Indonesia Kantor Perwakilan Jawa Barat Erwin G. Hutapea mengatakan, TPID Provinsi Jawa Barat telah melakukan berbagai strategi pengendalian inflasi dalam kerangka 4K. 

Keterjangkauan harga terus diupayakan dengan Operasi Pasar Murah, Ketersediaan Pasokan terus diupayakan dengan pembangunan leuit dan kolaborasi dengan UMKM binaan BI Jabar sedangkan Kelancaran Distribusi dilakukan melalui optimalisasi pusat distribusi provinsi. 

Tak kalah penting, komunikasi yang efektif juga terus diupayakan baik antar stakeholder pengambil kebijakan maupun kepada masyarakat.  

“Ke depan, memasuki momentum HBKN [Hari Besar Keagamaan Nasional], inflasi Provinsi Jawa Barat diproyeksikan akan tetap terjaga seiring dengan adanya pencabutan kenaikan tarif PDAM dan parkir off road di Kota Bandung yang akan tercatat di bulan Maret serta berbagai upaya pengendalian inflasi yang dilakukan secara masif di 27 kabupaten/kota,” ujar Erwin G. Hutapea.

Menurut dia, Bank Indonesia Provinsi Jawa Barat akan terus berkomitmen untuk melakukan sinergi agar tekanan inflasi di Jawa Barat dapat tetap terjaga selama HBKN dan sepanjang tahun 2023.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper