Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jelang Ramadan, Tokopedia Edukasi UMKM Sektor Mamin untuk Tingkatkan Transaksi

Tokopedia memberikan sinyal positif bagi pertumbuhan penjualan makanan dan minuman di platform-nya dalam inisiatif Hyperlocal. 
Tokopedia menggelar kumpul bersama pelaku usaha di Tokopedia asal Kota Bandung dalam acara NYAMpireun! yang dihadiri oleh Chef Juna Rorimpandey.
Tokopedia menggelar kumpul bersama pelaku usaha di Tokopedia asal Kota Bandung dalam acara NYAMpireun! yang dihadiri oleh Chef Juna Rorimpandey.

Bisnis.com, BANDUNG - Tokopedia memberikan sinyal positif bagi pertumbuhan penjualan makanan dan minuman di platform-nya dalam inisiatif Hyperlocal. 

Melalui kampanye Tokopedia NYAM, Tokopedia mencatat pertumbuhan positif penjualan produk makanan dan minuman setiap tahunnya pasca diluncurkan pada masa pandemi Covid-19 lalu. 

Kepala Departemen Corporate Affairs Tokopedia Ekhel Chandra Wijaya mengatakan Kota Bandung menjadi market yang penting dalam pertumbuhan seller maupun costumer program kolaborasi bersama pelaku UMKM kulinet ini. 

"Bandung ini jadi fokus kita untuk meningkatkan transaksi di Tokopedia NYAM. Saat ini kata dia, perilaku konsumen terus menyesuaikan sehingga market penjualan produk makanan dan minuman terus pun ikut tumbuh.

Untuk itu, Tokopedia menggelar kumpul bersama pelaku usaha di Tokopedia asal Kota Bandung dalam acara NYAMpireun! yang dihadiri oleh Chef Juna Rorimpandey di Mr Roastman Experience Bandung, Rabu (8/3/2023). 

“Tokopedia terus menggencarkan inisiatif Hyperlocal ke seluruh Indonesia, termasuk kota Bandung. Kegiatan yang melibatkan penjual Tokopedia NYAM! Bandung ini bertujuan berbagi pengetahuan tentang makanan dari koki ternama. Serta edukasi tentang cara menjual makanan serta wawasan pasar makanan jelang Ramadan," kata Ekhel.

Menurut Ekhel, jumlah transaksi Tokopedia NYAM! di Provinsi Jawa Barat meningkat lebih dari 200 persen dengan jumlah penjual yang mengikuti Tokopedia NYAM! naik lebih dari 200 persen pada periode Januari-Februari 2023 dibandingkan periode sama 2021. 

Sementara, kenaikan juga terjadi pada jumlah transaksi Tokopedia NYAM! di Kota Bandung meningkat lebih dari 250 persen dengan kenaikan jumlah penjual sebesar 200 persen pada periode Januari-Februari 2023 dibandingkan periode sama 2021.

Di sisi lain, Tokopedia juga mengungkapkan bahwa produk kategori Makanan Ringan, Susu dan Olahan Susu, Minuman, Daging dan Bumbu dan Bahan Masakan menjadi produk kategori makanan dan minuman dengan kenaikan transaksi tertinggi selama awal tahun 2023.

Data Internal Tokopedia juga mencatat jumlah transaksi yang menggunakan layanan Dilayani Tokopedia pada Provinsi Jawa Barat meningkat 2,5x lipat pada periode 2022 dibandingkan 2021 dengan jumlah penjual yang menggunakan Dilayani Tokopedia meningkat lebih dari 2,5x lipat. 

Kenaikan juga terjadi pada jumlah transaksi yang menggunakan layanan Dilayani Tokopedia di Kota Bandung naik lebih dari 2x lipat dengan jumlah penjual yang menggunakan Dilayani Tokopedia meningkat 2x lipat selama periode 2022 dibandingkan 2021.

“Kami melihat antusiasme para pegiat usaha makanan di Kota Bandung terus berkembang. Karena itu, Tokopedia berharap melalui kegiatan kumpul pegiat usaha makanan ini dapat memberikan pengetahuan baru hingga mendukung perkembangan para pelaku UMKM di bidang kuliner untuk semakin maju di Indonesia,” tutup Ekhel. 

Dalam paparannya, Chef Juna mengatakan ternyata daya tarik makanan dan minuman untuk dijual tidak harus melulu mementingkan dari segi visual saja. Tetapi juga harus tetap memerhatikan rasa dan kandungan gizi sehingga makanan tersebut memiliki nilai bagi yang menikmatinya. 

"Makanan yang memiliki nilai tersebut pasti akan menarik perhatian masyarakat sehingga lebih mudah untuk dipasarkannya terutama saat Ramadan," ungkap Juna. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dea Andriyawan
Editor : Ajijah

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper