Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ridwan Kamil Perbolehkan PKL Berjualan di Al Jabbar, Asal Warga Lokal

Ridwan Kamil mengatakan pihaknya akan menyempurnakan sejumlah teknis yang akan diperbaiki oleh kontraktor Al Jabbar.
Masjid Raya Al Jabbar/Bisnis
Masjid Raya Al Jabbar/Bisnis

Bisnis.com, BANDUNG — Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil memastikan menjelang Ramadan, Masjid Raya Al Jabbar akan lebih tertata setelah pihaknya menutup sementara dan melakukan sejumlah perbaikan.

Ridwan Kamil mengatakan pihaknya akan menyempurnakan sejumlah teknis yang akan diperbaiki oleh kontraktor Al Jabbar juga membahas sejumlah berita baik seperti keberadaan PKL di Al Jabbar.

“Berita baik, PKL boleh [berjualan] tapi diprioritaskan warga lokal, kemarin itu terdeteksi mayoritas bukan warga setempat,” katanya di Gedung Pakuan, Bandung, Rabu (1/3/2023).

Menurutnya PKL bukan warga lokal tersebut memanfaatkan situasi pengunjung Al Jabbar yang ramai, sehingga keberadaannya tidak terkendali. Selain memperbolehkan PKL, salah satu warga di wilayah Al Jabbar juga meminjamkan lahannya untuk pasar malam. 

“Ada 1 hektare akan dijadikan pasar malam, persis di seberang Al Jabbar, sehingga ini akan menjadi solusi PKL-nya akan ditampung di sana, dengan suasana yang lebih tertib. Insyaallah Ramadan, Al Jabbar sudah kinclong, sudah tertata, sudah tertib. Parkir liarnya kita akan tata dengan sistem yang baik, kebersihan juga sudah,” tuturnya.

Ridwan Kamil memprediksi kunjungan ke Al Jabbar saat bulan Ramadan akan meningkat dibanding hari biasa. Menurutnya masyarakat akan memanfaatkan budaya ngabuburit dengan menjadikan Al Jabbar sebagai destinasi.
“Nggak apa-apa ya, ramai berdinamika oke daripada sepi tidak ada kegiatan itu lebih mudarat,” ujarnya.

Sebelumnya, Keberadaan pedagang kaki lima (PKL) di Masjid Al Jabbar membuat semrawut karena jumlahnya terus bertambah. Kepala Satpol PP Jabar Ade Afriandi mengatakan usai pembukaan Masjid Al Jabbar PKL yang terdata hanya 200 namun kini menjadi 500 PKL.

"Awal itu cuma sekitar 200 yang berjualan di sekitaran al Jabbar dari selat ke utara. Dan sekarang itu sudah mendekati 500 (PKL)," katanya saat dikonfirmasi, Senin (27/2/2023).  

Mayoritas PKL sendiri setelah didata, tercatat mayoritas warga Kota Bandung. Namun, rupanya ada beberapa PKL yang di luar warga Kota Bandung, dan itu menyatu dengan PKL dari Kota Bandung. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper