Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ada Maskapai Bakal Pindahkan Rute Bandung-Kuala Lumpur ke Bandara Kertajati

Kepastian rute ini menyangkut dengan kemungkinan Bandara Kertajati melayani penerbangan mudik lebaran 2023.
Ilustrasi/Bisnis
Ilustrasi/Bisnis

Bisnis.com, BANDUNG—Seiring rencana pengoperasian penuh Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu) pada Maret mendatang, kabar positif berhembus ke Bandara Kertajati, Majalengka.

Executive General Manager Bandara Kertajati Nuril Huda mengatakan pihaknya saat ini masih menunggu surat resmi terkait penataan rute dari Kemeterian Perhubungan, terutama terkait rencana dibukanya kembali penerbangan domestik dari Bandara Kertajati.

“Untuk yang domestik masih menunggu surat penataan rute dari Kementerian Perhubungan,” katanya kepada Bisnis, Rabu (21/2/2023).

Menurutnya kepastian rute ini menyangkut dengan kemungkinan Bandara Kertajati melayani penerbangan mudik lebaran 2023. Pihaknya bandara sendiri memastikan sudah sangat siap jika diminta kembali melayani penerbangan domestik.

“Sudah siap,” ujarnya.

Nuril sendiri mengaku jika di lapangan menurutnya saat ini sudah ada maskapai yang melakukan assesment terkait rencana pembukaan rute internasional dari Kertajati.

“Salah satu maskapai sudah melakukan asessment untuk rencana pemindahan rute dari Bandung-Kuala Lumpur menjadi Kertajati-Kuala Lumpur,” katanya.

VP Corporate Secretary PT Bandarudara Internasional Jawa Barat (BIJB) Dian Nurrahman mengatakan penerbangan domestik di Kertajati bisa menjadi peluang anyar mengingat aktivitas kargo saat ini di Kertajati tengah berhenti.

“Sejak revitalisasi Halim selesai, kegiatan kargo masih off. Rencana baru bulan Maret akan ada penerbangan kargo [kembali],” ujarnya.

Penerbangan kargo akan kembali dimulai setelah surat hasil verifikasi lapangan atas regulated agent terbit dari Kemeterian Perhubungan. Di luar urusan layanan penerbangan, pihak manajemen PT BIJB berharap Tol Cisumdawu segera berfungsi penuh. “Semoga segera terealisasi,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper