Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Jadi Pendorong Inflasi, Perumda Air Minum Tirtajati Janji tak Naikkan Tarif

Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Air Minum Tirtajati Kabupaten Cirebon memastikan pada 2023 ini tidak bakal menaikkan tarif penggunaan air bersih.
Hakim Baihaqi
Hakim Baihaqi - Bisnis.com 25 Januari 2023  |  18:51 WIB
Jadi Pendorong Inflasi, Perumda Air Minum Tirtajati Janji tak Naikkan Tarif
PDAM - Ilustrasi
Bagikan

Bisnis.com, CIREBON - Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Air Minum Tirtajati Kabupaten Cirebon memastikan pada 2023 ini tidak bakal menaikkan tarif penggunaan air bersih.

Direktur Utama (Dirut) Perumda Air Minum Tirtajati Kabupaten Cirebon Suharyadi mengatakan penyesuaian tarif penggunaan air bersih terakhir dilakukan pada 2022. Namun kenaikan hanya 16 persen dari tarif sebelumnya Rp5.000 per kubik.

“Penyesuaian tarif terakhir yang kita lakukan juga tidak besar, hanya sebesar Rp1.000,” kata Suharyadi di Kabupaten Cirebon, Rabu (25/1/2023).

Suharyadi mengatakan penyesuaian yang dilakukan pada tahun dilakukan karena adanya kenaikan bahan baku pengolahan dari sumber air.

Menurutnya, penyesuaian tarif dilakukan agar pelayanan kepada seluruh pelanggan berjalan optimal. “Sementara, tahun ini tidak akan mengalami perubahan harga,” katanya.

Perwakilan Bank Indonesia Cirebon mencatat 10 komoditas menjadi penyumbang inflasi terbesar sepanjang 2022.

Faktor yang menyebabkan 10 komoditas tersebut menjadi penyumbang inflasi terbesar di antaranya, penyesuaian harga BBM bersubsidi, kenaikan harga bahan bakar rumah tangga, kenaikan tarif parkir, dan kenaikan tarif PDAM.

Kemudian, kenaikan harga komoditas akibat anomali cuaca, kenaikan harga minyak goreng, serta kenaikan harga beras akibat menipisnya stok cadangan beras pemerintah (CBP) di Bulog.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pdam cirebon
Editor : Ajijah
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
back to top To top