Purwakarta Punya Perkebunan Durian, Sentranya Ada di Dua Kecamatan Ini

Pemkab Purwakarta telah memetakan sejumlah kecamatan sebagai kampung hortikultura, salah satunya kampung buah durian.
Ilustrasi/Antara
Ilustrasi/Antara

Bisnis.com, PURWAKARTA - Pemkab Purwakarta telah memetakan sejumlah kecamatan sebagai kampung hortikultura, salah satunya kampung buah durian.

Kepala Bidang Perkebunan dan Hortikultura pada Dinas Pangan dan Pertanian Kabupaten Purwakarta Kurnia Prawira Saputra menuturkan, bukan hanya cengkeh, kopi, pala atau buah manggis yang menjadi produk unggulan hortikultura di wilayahnya. Tapi ada beberapa hasil kebun khas yang juga sangat potensial untuk dikembangkan.

"Buah durian, merupakan salah satu produk hortikultura kita dan sentralnya ada di Kecamatan Bojong dan Pondoksalam," ujar Kurnia kepada Bisnis.com, Rabu (11/2/2023).

Kurnia menjelaskan produksi buah durian di wilayahnya cukup melimpah setiap tahunnya. Dari data yang ada di dinasnya, di 2021 saja misalnya hasil panennya mencapai 13.420 buah.

"Untuk 2022 produksinya turun 40 persen. Ini lebih disebabkan faktor cuaca," kata dia.

Terkait potensi hortikultura di wilayahnya, kata Kurnia, hampir seluruh kecamatan yang ada di wilayahnya ini punya banyak produk unggulan hortikultura yang khas.

Sehingga, dari sana lah munculah ide untuk membuat program kampung hortikultura di wilayahnya. Saat ini pihaknya juga telah mengembangkan kampung hortikultura di beberapa kecamatan.

Di antaranya, kampung alpukat dan bawang merah di Kecamatan Bojong, kampung cabai di Kecamatan Darangdan, kampung lengkeng di Desa Parakan Lima Kecamatan Jatiluhur dan Desa Cibakamanah Kecamatan Cibatu, serta kampung durian di Kecamatan Bojong dan Pondoksalam.

Kurnia menambahkan sejauh ini pihaknya terus berupaya mendorong masyarakat agar bisa memaksimalkan pemanfaatan lahan-lahan mereka supaya lebih produktif lagi.

Karena, hal itu akan berimplikasi pada peningkatan ekonomi mereka. Adapun upaya pemerintah, dalam hal ini sebaras membantu menyiapkan sarana penunjangnya. Termasuk membantu dari sisi pemasarannya. (K60)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Asep Mulyana
Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper