Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Masjid Al Jabbar Dipastikan Dibuka untuk Umum Jumat Pekan Ini

Masjid Al-Jabbar secara total berkapasitas 50.000 jemaah. Rinciannya, 20.000 untuk di area utama, 2.000-3.000 di bagian atas, dan lebih dari 20.000 di area alun
Suasana di dalam Masjid Al Jabbar/Bisnis
Suasana di dalam Masjid Al Jabbar/Bisnis

Bisnis.com, BANDUNG - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil memastikan Masjid Raya Al Jabbar akan diresmikan Jumat (30/8/2022). Komplek masjid yang terdiri dari empat bagian ini, tiga di antaranya sudah siap dipergunakan saat peresmian nanti.

"[progres] Sudah 97 persen, 3 persennya kita kebut beberapa hari ke depan," ungkap Ridwan Kamil di Masjid Al Jabbar, Kota Bandung, Senin (26/12/2022).

Kang Emil, sapaan akrab Ridwan Kamil mengatakan, masjid Al Jabbar secara total berkapasitas 50.000 jemaah. Rinciannya, 20.000 untuk di area utama, 2.000-3.000 di bagian atas, dan lebih dari 20.000 di area alun-alun yang juga bisa dimanfaatkan untuk salat berjemaah saat area utama penuh.

"Kalau dipakai salat kapasitas masjid ini sebenarnya 50.000 jemaah, sudah kaya stadion," jelasnya.

Kapasitas tersebut disebut lebih besar dari kapasitas masjid termegah saat ini, yakni Masjid Syeikh Zayed Solo yang berkapasitas 10.000 jemaah.

Menurutnya, Masjid Al Jabbar tidak sekadar bangunan masjid saja. Namun ada tiga bagian lainnya yang saling menunjang dan masing-masing memiliki fungsi yang terkoneksi.

"Proyek pertama itu adalah masjid, proyek kedua adalah museum rasul, sejarah islam di nusantara dan Islam di Jawa Barat, proyek ketiga itu danau, danau pengendali banjir di wilayah Gedebage, keempatnya itu taman terbesar yang mengelilingi masjid, jadi proyek keempat, itulah program tidak hanya membangun masjid tapi tiga urusan lainnya," jelasnya.

Khusus untuk museum rasul, Kang Emil memastikan masih ada pekerjaan penyelesaian sehingga kemungkinan bisa dibuka untuk umum pada Februari 2023.

"[Museum rasul] Tidak akan dibuka dulu per tanggal 30 [Desember 2022], karena masih ada pekerjaan, mungkin di Februari [2023] laporannya," jelasnya. (k34)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dea Andriyawan
Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper