Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

UMKM Sumedang Bakal Difasilitasi Berjualan di Gerai UMKM Pintu Tol Cimalaka

Wabup mendengar laporan Camat Cimalaka yang telah menyiapkan alternatif gerai untuk para UMKM di Exit Tol Cimalaka.
Dea Andriyawan
Dea Andriyawan - Bisnis.com 28 November 2022  |  17:30 WIB
UMKM Sumedang Bakal Difasilitasi Berjualan di Gerai UMKM Pintu Tol Cimalaka
Ilustrasi - Bisnis
Bagikan

Bisnis.com, SUMEDANG - Wakil Bupati Sumedang Erwan Setiawan mendukung penuh rencana dibukanya gerai-gerai UMKM di pintu keluar Tol Cimalaka dan meminta dinas terkait untuk memasilitasinya.

"Pak Kabid [UMKM] tindak lanjuti secepatnya sebelum berakhirnya saya menjabat beserta Pak Bupati," kata Erwan, Senin (28/11/2022).

Sebelumnya Wabup mendengar laporan Camat Cimalaka yang telah menyiapkan alternatif gerai untuk para UMKM di Exit Tol Cimalaka.

"Kalau sudah dibuka pintu tol keluar Cimalaka, harus betul-betul dimanfaatkan oleh warga masyarakat Cimalaka. Tolong Pak Camat beserta Forkopimcam, awasi dan utamakan dulu warga Cimalaka yang ingin berjualan," tuturnya.

Wabup juga mengungkapkan tentang UMKM di Sumedang yang berkembang sangat baik sehingga pada 8 Desember 2022 nanti akan menerima penghargaan dari Kementrian Koperasi RI sebagai Kategori UMKM terbaik se-Indonesia.

"Saya ucapkan terima kasih kepada para pelaku UMKM di Sumedang yang terus berjuang. Bukan penghargaan yang kami kejar, tapi betul-betul yang kita ingin lihat kesejahteraan masyarakat. Masalah penghargaan itu adalah anugerah yang bisa kita terima," ungkapnya.

Erwan juga mengapresiasi Gerai UMKM HOKKIMA yang mampu meraih omset ratusan juta rupiah perbulannya di tengah-tengah pandemi Covid-19.

"Ini merupakan sebuah prestasi bagi gerai UMKM yang baru seumur jagung.Tentunya ini menjadi motivasi dan inspirasi bagi gerai-gerai UMKM lainnya di Kabupaten Sumedang. Saya berharap gerai HOKKIMA bisa berbagi ilmu dengan gerai lainnya," katanya Wabup

Menurutnya, meski Gerai HOKKIMA baru berusia 2 tahun, namun kontribusi HOKKIMA bagi para pelaku UMKM yang tergabung di dalamnya tidak dapat dipandang sebelah mata.

"Keberadaan dan manfaatnya tentu benar-benar dapat dirasakan.Tidak hanya oleh para pelaku UMKM, tetapi para pelaku seni. Terbukti pada aniversary kali ini HOKKIMA berkolaborasi dengan para pelaku Seni Kuda Renggong dan Seni Bangreng untuk memeriahkan sekaligus meperkenalkan kesenian tradisional kepada generasi muda. Semoga ini menjadi langkah yang baik," ucap Erwan.

Sementara itu, Camat Cimalaka Taufik Hidayat Slamet mengatakan HOKKIMA usianya masih balita tetapi pemikiran, semangat dan energinya sudah sangat dewasa.

"Dibuktikan dengan beberapa even yang ditampilkan di tingkat Kabupaten, Provinsi, bahkan tingkat nasional. Mudah-mudahan ini dijadikan motivasi, semangat para pelaku UMKM yang ada di Cimalaka" ucapnya

Taufik mengungkapkan, dirinya mempunyai rencana aksi untuk meningkatkan usaha perekonomian masyarakat khusus di Kecamatan Cimalaka yang terdampak salah satu Jalan Tol.

"Dikhawatirkan nanti ke depannya para pelaku UMKM di Kecamatan Cimalaka ini mati sehingga kami memiliki rencana aksi. Kita inginnya membangun gerai UMKM pas di pintu keluar exit tol atau di Alun-Alun Kecamatan Cimalaka ini," ungkapnya

Lebih lanjut, tentunya rencana tersebut perlu didorong dengan berbagai upaya dari stakeholders, terutama pihak pengelola tol.

"Nanti sebelum keluar exit tol produk UMKM Cimalaka dan juga Agrowisata yang ada di Kecamatan Cimalaka ditampilkan supaya ada daya tarik bagi para pengguna jalan untuk mampir dulu ke Cimalaka. Mudah-mudahan ini dapat terealisasi," ujarnya. (K34)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

sumedang umkm
Editor : Ajijah
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
back to top To top