Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Distan Kabupaten Cirebon Tolak Hibah Lahan untuk Pertanian dari Pemda

Penyerahan lahan tersebut diprediksi tidak akan menaikkan jumlah produksi padi Kabupaten Cirebon. Kalau diterima, akan menjadi lahan tidak produktif.
Ilustrasi/Antara
Ilustrasi/Antara

Bisnis.com, CIREBON - Dinas Pertanian Kabupaten Cirebon mengembalikan 214 hektare lahan milik pemerintah daerah kepada Badan Keuangan dan Aset Daerah (BKAD) Kabupaten Cirebon.

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Cirebon Asep Pamungkas mengatakan ratusan hektare lahan tersebut dihibahkan pada 3 November 2021 melalui surat keputusan Bupati Cirebon Imron Rosyadi.

Asep mengatakan pengembalian aset tersebut lantaran Dinas Pertanian diberikan kewenangan menyewakan kembali lahan tersebut kepada penggarap.

"Perintah tersebut tidak sesuai tugas pokok dan fungsi Dinas Pertanian. Kalau kami disuruh menanam atau melakukan pembenihan, mungkin akan kami lakukan. Tetapi, kalau disuruh menyewakan kembali, tidak bisa," kata Asep saat ditemui di Kantor Bupati Cirebon, Kabupaten Cirebon, Selasa (18/10/2022).

Asep mengatakan, ratusan hektare lahan tersebut berada di ujung barat Kabupaten Cirebon bagian barat hingga timur.

Menurut Asep, penyerahan lahan tersebut diprediksi tidak akan menaikkan jumlah produksi padi Kabupaten Cirebon. Kalau diterima, akan menjadi lahan tidak produktif.

"Sebenarnya, lahan 22,5 hektare yang digarap oleh Dinas Pertanian sebenarnya sudah cukup dan membuat ketersediaan beras kami juga surplus," katanya.

Berdasarkan informasi, 22,5 hektare lahan pertanian yang digarap oleh Dinas Pertanian berada di Kecamatan Susukan, Kecamatan Sumber, Dukupuntang, dan Suranenggala.

Sementara, luas lahan pertanian di Kabupaten Cirebon mencapai 97.965 hektare. Dari jumlah tersebut, 54.203 hektare merupakan lahan padi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Hakim Baihaqi
Editor : Ajijah

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper