Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pupuk Kujang Dorong Masyarakat Bisa Berpenghasilan Melalui Program Kurfa

Output dari program tersebut, tak lain untuk lebih mendorong masyarakat supaya bisa lebih produktif, mandiri dan sejahtera secara finansial.
Program Kujang Integrated Urban Farming (Kurfa).
Program Kujang Integrated Urban Farming (Kurfa).

Bisnis.com, KARAWANG - PT Pupuk Kujang turut andil membantu masyarakat, terutama yang ada di sekitar perusahaan supaya bisa mandiri secara ekonomi melalui program Kujang Integrated Urban Farming (Kurfa).

Adapun output dari program tersebut, tak lain untuk lebih mendorong masyarakat supaya bisa lebih produktif, mandiri dan sejahtera secara finansial.

AVP Departemen Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) Pupuk Kujang Didin Nahrudin Syah menuturkan saat ini sudah ada beberapa kegiatan pemberdayaan masyarakat yang telah dilakukan melalui program Kurfa. Di penghujung tahun ini, yakni pengembangan dan pembuatan Minyak Kayu Putih.

"Dalam kegiatan kali ini, kami menggandeng para ahli dari Kontak Bisnis Hortikultura Indonesia (KBHI) atau lembaga yang merupakam wadah para pelaku usaha dan pemasaran di bidang agrobisnis. Kebetulan di KBIH ini ada pakar yang bisa membuat minyak kayu putih, sehingga kita undang untuk memberikan pelatihan kepada warga di sekitar perusahaan," ungkap Didin, Selasa (11/10/2022).

Didin menjelaskan, masyarakat akan diberikan materi pelatihan membuat minyak dan membudidayakan tanaman kayu putih ini di dua green house yang disiapkan Pupuk Kujang. Untuk tahap pertama produksi, warga menggunakan bahan baku daun dari pohon minyak kayu putih yang berasal dari taman Kehati Pupuk Kujang.

"Selain pelatihan, kami juga menyalurkan bantuan berupa satu set mesin penyulingan dengan kapasitas 500 kilogram. Mesin itu akan digunakan warga untuk memproduksi minyak kayu putih. Perusahaan juga menyiapkan dua greenhouse untuk budidaya pohon kayu putih," jelas dia.

Sementara itu, Ketua Kurfa Desa Dawuan Tengah Dindin Mulyana menuturkan, untuk kesempatan pertama ini ada sebanyak 10 orang warga Dawuan Tengah akan diberikan pelatihan.

"Untuk selanjutnya, kami berikan secara bertahap. Kalau sudah pengalaman, akan dilanjut ke warga lainnya," kata Dindin.

Dindin menuturkan, saat ini ada beberapa warga yang sudah berhasil membuat minyak kayu putih yang dikemas dalam botol dan minyak angin roll on.

"Pelatihan gelombang pertama ini sudah berhasil memproduksi minyak kayu putih dan minyak angin. Rencananya, Pupuk Kujang akan membantu proses izin edar dan sertifikasi lainnya. Sehingga produk warga di sekitar perusahaan bisa dipasarkan," kata Dindin. (K60)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Asep Mulyana
Editor : Ajijah

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper