Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Lengkapi Fasilitas RSUD, Pemkab Karawang Terbantu CSR Pupuk Kujang

Pemkab Karawang terus berbenah untuk meningkatkan pelayanan kesehatan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) setempat.
PT Pupuk Kujang yang turut berkontribusi untuk membantu RSUD Karawang bertransformasi.
PT Pupuk Kujang yang turut berkontribusi untuk membantu RSUD Karawang bertransformasi.

Bisnis.com, KARAWANG - Pemkab Karawang terus berbenah untuk meningkatkan pelayanan kesehatan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) setempat.

"Upaya kita saat ini, itu lebih ke memperkuat infrastruktur kesehatannya supaya pelayanan kepada masyarakat juga semakin maksimal," ujar Bupati Karawang Cellica Nurrachadiana dalam keterangannya, Selasa (4/10/2022).

Cellica menjelaskan, dalam upaya memaksimalkan peran rumah sakit daerah ini pihaknya turut menggandeng berbagai elemen, di antaranya perusahaan swasta, BUMN dan BUMD yang ada. Dengan pola gotong royong seperti ini, diharapkan bisa lebih meningkatkan pelayanan fasilitas kesehatan untuk masyarakat.

"Karena itu, kami sangat mengapresiasi bantuan dari perusahaan-perusahaan di Karawang yang selalu bersinergi dengan baik," kata Cellica.

Ia pun mengapresiasi upaya dari jajaran PT Pupuk Kujang yang turut berkontribusi untuk membantu RSUD Karawang bertransformasi.

"Kami ucapkan terima kasih. Infrastruktur baru ini murni dibiayai CSR. Alhasil, kita bisa lihat RSUD Karawang menjadi lebih rapi, lebih nyaman. Kita memang sedang berbenah karena RSUD Karawang menjadi rumah sakit rujukan di Jawa Barat," tambah dia.

Sementara itu, VP Komunikasi Perusahaan Pupuk Kujang Andi Komara menjelaskan belum lama ini perusahaannya telah menyalurkan CSR berupa fasilitas dan alat laboratorium ke RSUD Karawang. Dengan bantuan ini, pelayanan di RSUD telah bertransformasi dan mengusung konsep baru.

Saat ini, kata dia, di salah satu sudut RSUD Karawang telah dibangun Boutique Hospital yang dilengkapi poli eksklusif, ruang VVIP dengan desain menarik, unik dan bersih. Selain itu, dari CSR Pupuk Kujang juga membuat RSUD bisa menyediakan layanan cek lab drive thru atau layanan tanpa turun.

"Dengan layanan itu, pasien bisa cek lab tanpa harus turun dari kendaraan. Lebih praktis dan cepat," ujar Andi.

Terkait pembangunan pembangunan laboratorium dan perangkat lab medis yang disebut biosavety cabinet, Andi menambahkan, perusahaannya juga menyalurkan alat khusus yang bisa menunjang proses pemeriksaan sampel di lab kesehatan. Sehingga sampel dari pasien menjadi lebih aman bagi tenaga medis dan lingkungan RSUD Karwang.

Adapun pembangunan laboratorium Biosavety Level tersebut dikerjakan sesuai standar ketentuan WHO. Dalam pembangunannya, diterapkan standar tinggi dalam rancang bangun laboratorium tersebut. Seluruh proses dilakukan secara khusus dan ketat. Sebab, laboratorium itu digunakan untuk tracing dan testing virus atau penyakit yang berpotensi membahayakan petugas dan lingkungan.

"Bantuan ini merupakan wujud nyata, komitmen perusahaan untuk berkontribusi di bidang kesehatan. Ini merupakan bentuk sinergi antara Pupuk Kujang dengan Pemerintah Daerah Karawang di bidang kesehatan," pungkasnya. (K60)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Asep Mulyana
Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper