Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

WJIS 2022: Ini 3 Faktor yang Jadikan Indonesia Destinasi Investasi Paling Menjanjikan

Indonesia tetap menjadi salah satu destinasi investasi yang paling menjanjikan yang didorong oleh tiga faktor.
Anggota Dewan Gubernur Bank Indonesia Aida S. Budiman
Anggota Dewan Gubernur Bank Indonesia Aida S. Budiman

Bisnis.com, BANDUNG - Jawa Barat menawarkan proyek investasi sektor ketahanan pangan dan energi baru terbarukan dengan nilai investasi Rp59,7 triliun dalam West Java Investment Summit (WJIS) 2022.

Digelar selama dua hari pada 5-6 Oktober 2022, WJIS 2022 mengambil tema “Green Investment: Food Security & Renewable Energy” dan tagline “Securing the New Future”, di Trans Hotel Bandung.

Sejalan dengan tema tersebut, WJIS 2022 akan berfokus pada upaya memitigasi peningkatan harga pangan dan energi dalam menjaga momentum pertumbuhan ekonomi dan investasi yang dapat mendukung pertumbuhan yang berkelanjutan.

Anggota Dewan Gubernur Bank Indonesia Aida S. Budiman menjelaskan Indonesia tetap menjadi salah satu destinasi investasi yang paling menjanjikan yang didorong oleh tiga faktor, pertama, bahwa Indonesia memiliki ketahanan ekonomi yang kuat.

Kondisi tersebut seiring dengan pertumbuhan ekonomi Indonesia pada triwulan II 2022 sebesar 5,44 persen (yoy), yang diproyeksikan pada tahun 2022 akan tumbuh sebesar 4,5-5,3 persen.

"Adapun sumber pertumbuhan ekonomi Indonesia tidak hanya berasal dari kinerja ekspor, namun juga bersumber dari permintaan domestik, termasuk konsumsi dan investasi. Lebih lanjut, ketahanan ekonomi Indonesia yang kuat juga tercermin dari kinerja penyaluran kredit yang tumbuh 10,32 persen (yoy) pada Agustus 2022, yang semakin diperkuat dengan berbagai indikator ekonomi dan keuangan digital yang semakin meningkat," kata Aida dalam sambutannya, Rabu (5/10/2022).

Kedua, Indonesia memiliki tiga strategi dalam merespon berbagai tantangan ekonomi, yakni sinergi, sinergi dan sinergi, yang memberi pesan bahwa Indonesia saling bersinergi dalam menjaga pertumbuhan ekonomi melewati berbagai tantangan ketidakpastian global dan tekanan inflasi.

Ketiga, Bauran Kebijakan Bank Indonesia. Memahami bahwa tantangan ekonomi global yang kompleks, maka Bank Indonesia menerapkan bauran kebijakan dengan tema “sinergi untuk menjaga stabilitas dan pemulihan ekonomi”, yang memadukan kebijakan moneter yang pro-stability dengan kebijakan makroprudensial, sistem pembayaran, pemdalaman pasar keuangan termasuk pengembangan UMKM dan ekonomi dan keuangan syariah yang pro-growth.

"Ke depan, Bank Indonesia akan terus memperkuat sinergi dengan pemerintah baik pusat dan daerah dalam mempromosikan investasi di Indonesia," imbuhnya.

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jawa Barat Herawanto mematikan fokus dorongan investasi pada WJIS 2022 yakni food security dan renewable energy, merupakan langkah Jawa Barat dalam menjawab tantangan global yang berdampak pada peningkatan harga pangan dan energi.

Sebelumnya, telah diselenggarakan Road to WJIS, Bank Indonesia Jawa Barat bersinergi dengan Pemerintah Provinsi Jawa Barat telah menggelar West Java Infrastructure Forum (WJIF) yang menjadi langkah Jawa Barat guna memperkuat iklim investasi di Jawa Barat melalui integrasi infrastruktur logistik yang semakin efektif dan efisien guna meningkatkan daya saing.

"Lebih dalam mengenai investasi pada food security, merupakan langkah Bank Indonesia Jawa Barat guna semakin memperluas implementasi Ekosistem Ketahanan Pangan Terintegrasi (Pangsi). Berbagai kelompok masyarakat inklusif yang telah tergabung dalam ekosistem pangsi, akan semakin diperkuat melalui berbagai investasi pada sektor ketahanan pangan, sehingga akan semakin mendorong efektifitas dan efisiensi proses bisnis komoditas pangan dan produk olahan yang berdaya saing," jelasnya.

Pada akhirnya, langkah tersebut akan turut menjaga keberlanjutan momentum pertumbuhan ekonomi sekaligus mengantisipasi tekanan inflasi, baik dalam jangka pendek maupun secara struktural. (k34)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dea Andriyawan
Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper