Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

PT WKI Bakal Bangun PLTA Wado, Bupati Minta SDM-nya Warga Sumedang

PLTA Wado dibangun dengan tujuan bisnis dan sosial sehingga diharapkan bisa memberikan manfaat bagi perusahaan maupun masyarakat sekitar.
Bupati Sumedang Dony Ahmad Munir (kiri)
Bupati Sumedang Dony Ahmad Munir (kiri)

Bisnis.com, SUMEDANG - PT Waskita Karya Infrastruktur (WKI) sebagai anak usaha PT Waskita Karya yang bergerak di bidang infrastuktur dan energi berencana membangun PLTA di Kecamatan Wado, Kabupaten Sumedang.

Hal itu diungkapkan Direktur Utama PT WKI selaku Owner Project PLTA Wado Oktarina Kartifa Ayu.

Menurut Oktarina, perusahaannya melakukan investasi dan mengoperasikan infrastruktur serta fasilitas pada sektor utama seperti pembangkit listrik, minyak dan gas, pertambangan, properti, transportasi dan sektor utilitas.

"PLTA Wado dibangun dengan tujuan bisnis dan sosial sehingga diharapkan bisa memberikan manfaat bagi perusahaan maupun masyarakat sekitar," ujarnya, dikutip Kamis (15/9/2022).

Dengan pembangunan PLTA Wado, ia menilai bisa menjadi investasi jangka panjang sekaligus akan membantu pengembangan potensi usaha masyarakat sekitar.

"Dengan peningkatan usaha dan perekonomian masyarakat sekitar, maka diharapkan bisa terjadi juga peningkatan kualitas hidup, pendidikan, kesehatan dan juga kegiatan beragama," ujarnya.

Sementara itu, Pengurus BUMD PT Kampung Makmur, Zeni Bima mengatakan PT WKI menggandeng PT Kampung Makmur dalam pembangunan dan pengelolaan PLTA Wado.

"Saya harap adanya dukungan dari pemerintah Kabupaten Sumedang untuk pembangunan PLT Wado khususnya terkait pembebasan lahan dengan desa," tuturnya.

Bupati Sumedang Dony Ahmad Munir menyatakan komitmennya untuk mendukung pembangunan PLTA Wado termasuk terkait proses pembebasan masalah lahan.

"Dalam pembangunan PLTA Wado saya minta difasilitasi juga adanya saluran irigasi untuk petani," tuturnya.

Terakhir Bupati juga meminta agar pada pembangunan dan pasca kontruksi PLTA Wado bisa memberdayakan SDM dari Kabupaten Sumedang.

"Saya harap dengan membangun PLTA Wado, bisa memberikan manfaat bagi perusahaan maupun masyarakat sekitar bahkan warga Sumedang," pungkasnya. (K34)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dea Andriyawan
Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper