Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Luncurkan Aplikasi Try Out Calon ASN, BKD Jabar Buat Terobosan

Pemprov Jabar melalui Badan Kepegawaian Daerah (BKD) meluncurkan aplikasi try out Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) Juara.
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil saat menghadiri peluncuran aplikasi try out Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) Juara.
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil saat menghadiri peluncuran aplikasi try out Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) Juara.

Bisnis.com, BANDUNG - Pemerintah Provinsi Jawa Barat (Pemprov Jabar) melalui Badan Kepegawaian Daerah (BKD) meluncurkan aplikasi try out Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) Juara.

Peluncuran dilakukan secara langsung oleh Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil didampingi Kepala BKD Pemprov Jabar Yerry Yanuar beserta Pj Bupati Bekasi Dani Ramdan di Kota Bekasi, Sabtu (10/9/2022).

Ridwan Kamil menjelaskan CASN Juara hadir untuk memenuhi antusiasme masyarakat yang ingin mengikuti tes seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) di mana minat masyarakat ikut tes CPNS dan PPPK meningkat setiap tahunnya.

Ia mengharapkan agar kualitas sumber daya manusia (SDM) bisa meningkat apabila lolos seleksi CPNS setelah mencoba kompetensinya melalui try out CASN Juara.

"CASN Juara membantu masyarakat mempersiapkan diri menghadapi tes tersebut, sekaligus meningkatkan kualitas pegawai. CASN Juara bisa diakses siapa pun, tidak hanya di Jabar tapi seluruh Indonesia Seluruh masyarakat di Indonesia bisa pakai, tidak harus di Jawa Barat," kata pria yang akrab disapa Kang Emil tersebut, di lokasi.

Beberapa pekan setelah dioperasikan, telah terdapat 10.000 orang mendaftarkan diri melalui laman casnjuara.jabarprov.go.id. Ridwan Kamil menyatakan akan memukhtarhirkan program sehingga jumlah pendaftar semakin banyak.

"Alhamdulillah peminatnya banyak, baru kita launching ya aplikasi CASN ini ada 11 ribuan yang mendaftar. Di sini hanya sampling yang fisik saja sebagai simbolis. Tapi ribuannya sekarang di rumahnya masing masih, nah masih ada yang ngantri juga yang belom kedapatan. Itu dia peminatnya banyak," tuturnya.

Sementara itu, Yerry menambahkan selain dapat digunakan untuk tryout CPNS/PPPK, CASN Juara menawarkan fitur lainnya seperti soal latihan, perkembangan diri melalui grafik, hingga peringkat. Terdapat lebih dari 5.000 soal di CASN Juara yang dapat diakses kapan pun dan di mana pun secara gratis.

CASN Juara juga menyajikan pilihan soal peminatan dari 10 jabatan fungsional seperti Humas, Penyuluh Pertanian, Guru, Statitasi, dan lain-lain. Pejuang CPNS juga bisa mengakses latihan soal Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) CPNS.

"Ini gratis Daftarnya, tidak perlu membayar. Setelah berhasil mendaftar dan melengkapi data pada kolom profil, akun perlu diaktivasi sebelum dapat menikmati fitur latihan soal," tutur Yerry.

Diluncurkannya aplikasi try out CASN Juara diharapkan Yerrry bisa memenuhi kebutuhan masyarakat dan kelak meningkatkan kualitas dan kompetensi SDM peserta yang lolos CPNS.

"Aplikasi ini hadir untuk menjawab persoalan global yang membutuhkan SDM berkualitas tinggi. Ini adalah salah satu bentuk sumbangsih Pemprov Jawa Barat untuk Indonesia," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper