Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Seperti Ini Restorasi Ekosistem Bantaran Sungai Citarum Ala Pupuk Kujang

PT Pupuk Kujang Cikampek aktif melakukan penghijauan secara masif di lahan-lahan kritis, terutama yang ada di bantaran Sungai Citarum.
Asep Mulyana
Asep Mulyana - Bisnis.com 08 Agustus 2022  |  14:20 WIB
Seperti Ini Restorasi Ekosistem Bantaran Sungai Citarum Ala Pupuk Kujang
Penghijauan melalui gerakan penanaman pohon yang dilakukan oleh Pupuk Kujang. - Istimewa
Bagikan

Bisnis.com, KARAWANG – PT Pupuk Kujang Cikampek aktif melakukan penghijauan secara masif di lahan-lahan kritis, terutama yang ada di bantaran Sungai Citarum.

VP K3LH Pupuk Kujang Andika Arif Kurniawan menuturkan penananam pohon tersebut merupakan bagian dari komitmen jajarannya untuk menyelamatkan bantaran Citarum. Karena tak bisa dipungkiri, air Citarum juga turut berkontribusi untuk kelancaran produktifitas di perusahaannya.

"Bagi Pupuk Kujang, Sungai Citarum sangat penting. Setiap hari, kita butuh sebanyak 59.536 m3 air dari Citarum untuk keperluan bahan baku pupuk. Karena itu, perusahaan akan terus komitmen untuk berkontribusi dalam program pemulihan Citarum," ujar Andika dalam keterangannya, Senin (8/8/2022).

Menurut dia, sebagai perusahaan yang peduli pada lingkungan, Pupuk Kujang turut ambil bagian dalam upaya pemulihan Citarum, baik itu di hulu maupun hilir sungai terpanjang di Jawa Barat itu.

Di hilir, tepatnya di wilayah Karawang, Pupuk kujang melakukan restorasi ekosistem bantaran sungai dengan rutin menanam pohon buah di kawasan tersebut. Hingga kini, sudah 3.000 pohon telah ditanam.

Adapun jenis pohon yang telah ditanam itu, di antaranya pohon produktif. Seperti durian, mangga, rambutan, dan pohon lainnya. Seluruh insan Pupuk Kujang juga berkontribusi dalam restorasi tersebut melalui program sakasopo atau satu karyawan satu pohon.

"Jadi, selain sifatnya menyerap air, buah dari tanaman ini bisa bermanfaat untuk pengunjung dan warga sekitar," kata Andika.

Selain menanam ribuan pohon, Pupuk Kujang juga membangun ruang terbuka hijau untuk masyarakat. Di dalamnya, juga terdapat taman edukasi, fasilitas jogging track, hidram, bio reaktor, hingga pembangkit listrik hybrid.

"Kedepannya, ini akan jadi taman edukasi ramah lingkungan yang berfungsi sebagai green public space untuk masyarakat sekaligus melakukan konservasi sumber daya alam dengan program-program yang baik," kata dia.

Sementara di hulu Citarum, Pupuk Kujang juga telah berupaya membantu mengurangi pencemaran limbah kotoran hewan yang kerap mencemari Citarum. Seperti diketahui, sejauh ini kotoran hewan menjadi salahsatu penyumbang yang mencemari Sungai Citarum.

Merespons kecenderungan itu, Pupuk Kujang mengajak peternak sapi di Bandung Selatan untuk menanggulangi dan memanfaatkan limbah kotoran ternak menjadi bahan baku pupuk organik. Sehingga kotoran sapi tidak mencemari sungai tapi menghasilkan nilai tambah. (K60)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pupuk kujang
Editor : Ajijah
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
back to top To top