Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Untuk Operasional, Pupuk Kujang Mulai Gunakan Listrik Ramah Lingkungan

Pupuk Kujang Cikampek saat ini telah beralih menggunakan sumber energi listrik yang lebih ramah lingkungan untuk kebutuhan operasionalnya, yakni dengan menggunakan pembangkit energi baru terbarukan (EBT).
Asep Mulyana
Asep Mulyana - Bisnis.com 18 Juli 2022  |  14:21 WIB
Untuk Operasional, Pupuk Kujang Mulai Gunakan Listrik Ramah Lingkungan
Penandatanganan kerja sama Pupuk Kujang dengan PLN UP3 Karawang soal pemenuhan tenaga listrik yang bersumber EBT.
Bagikan

Bisnis.com, KARAWANG – Pupuk Kujang Cikampek saat ini telah beralih menggunakan sumber energi listrik yang lebih ramah lingkungan untuk kebutuhan operasionalnya, yakni dengan menggunakan pembangkit energi baru terbarukan (EBT).

Direktur Operasi dan Produksi Pupuk Kujang Robert Sarjaka menuturkan belum lama ini jajarannya telah melakukan penandatanganan kerja sama dengan PLN UP3 Karawang pemenuhan tenaga listrik yang bersumber EBT.

Dalam kerja sama ini, Pupuk Kujang membeli 1.800 unit Renewable Energy Certificate (REC) per bulan, atau setara dengan 1.800 megawatt-hours (MWh) per bulan.

“Ini merupakan salah satu komitmen kami untuk menggunakan sumber energi listrik yang lebih ramah lingkungan," ujar Robert dalam keterangan tertulis, Senin (18/7/2022).

Robert menuturkan, dalam menjalankan operasinya, Pupuk Kujang berkomitmen untuk mendukung program industri bersih yang konsisten seperti arahan pemerintah.

Adapun kontrak pembelian listrik ramah lingkungan ini, lanjut dia, merupakan bukti nyata kolaborasi sekaligus transisi menuju energi terbarukan.

"Dengan kolaborasi ini diharapkan terus jalin karena bermanfaat bagi kedua belah pihak. Sesama BUMN, kami selalu patuh dan taat dengan aturan pemerintah termasuk dalam hal industri bersih ini," kata dia.

Seperti diketahui, Renewable Energy Certificate (REC) merupakan listrik yang bersumber dari energi yang dapat diperbarui dan rendah emisi. Dengan menggunakan listrik ramah lingkungan ini, Pupuk Kujang berpeluang mendapat layanan sertifikasi EBT.

"Sejauh ini Pupuk Kujang terus berupaya mengurangi emisi karbon dalam setiap produksinya. Dengan kontrak pembelian REC ini, Pupuk Kujang berharap bisa berkontribusi mempercepat pencapaian target pembauran energi baru terbarukan," tambah dia. (K60)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pupuk kujang
Editor : Ajijah
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top