Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pemkab Garut dan Yayasan Poppy Dharsono Kerja Sama Dongkrak Industri Kulit Mendunia

Melalui industri kulit, Pemkab Garut dan Yayasan Poppy Dharsono melakukan penandatanganan perjanjian kerja sama.
Bupati Garut Rudy Gunawan dan Poppy Dharsono
Bupati Garut Rudy Gunawan dan Poppy Dharsono

Bisnis.com, GARUT - Bupati Garut Rudy Gunawan berupaya meningkatkan industri kulit di wilayahnya menjadi kualitas dunia. Seperti diketahui, industri kulit merupakan salah satu potensi yang dimiliki Kabupaten Garut.

Melalui industri kulit, Pemkab Garut dan Yayasan Poppy Dharsono melakukan penandatanganan perjanjian kerja sama di lapangan Sekretariat Daerah (Setda), Jalan Pembangunan, Kecamatan Tarogong Kidul, Kabupaten Garut, Senin (1/8/2022).

Rudy berharap, kerja sama tersebut dapat meningkatkan produk hasil kulit, khususnya jaket kulit di Kabupaten Garut. "Harapannya, jaket kulit dari Garut bisa berkualitas dunia," kata Rudy Gunawan.

Poppy Dharsono mengungkapkan, kerja sama yang dijalin tersebut, untuk meningkatkan potensi yang dimiliki oleh Kabupaten Garut, khususnya di bidang industri perkulitan, umumnya terkait pendidikan perempuan, masalah lingkungan, pemberdayaan perempuan, Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM), dan kultur budaya.

Pihaknya mengaku siap mendampingi industri kulit di Kabupaten Garut agar bisa lebih berkembang. Poppy berharap Kabupaten Garut bisa menjadi pusat ritel kulit khususnya di Jawa Barat.

Salah satu langkah nyata Poppy Dharsono adalah pendirian Koperasi Cinta Carma Bella untuk mempersatukan para pelaku UMKM kulit serta meningkatkan daya saing industri kulit di Garut melalui berbagai program strategis tingkat nasional dan internasional.

“Nah saatnya nanti mungkin kulit tempatnya bukan hanya di situ saja ada juga di tempat lainnya dengan harga yang mungkin lebih terjangkau. Sehingga Kota Garut bisa menjadi pusat Factory Outlet Perkulitan di Jawa Barat,” kata Poppy.

Poppy memilih Kabupaten Garut lantaran memiliki potensi di bidang industri kulit.

Poppy menyampaikan, kerja sama ini bercermin dari perkembangan yang cukup pesat dalam kurun waktu 100 tahun, dari produk GUCCI yang berasal dari Kota Florence atau Toscane, di mana seluruh daerah di kota tersebut memiliki industri yang terintegritas mulai dari penyamakan sepatu, garmen, aksesoris, sampai dengan mesinnya dapat disuplai dari daerah tersebut.

“Nah harapannya mungkin kalau kita dari sekarang sudah kita canangkan, mungkin 10 tahun ke depan, pelan-pelan Garut bisa memiliki industri terpadu buat perkulitan sampau sekolahnya juga, itu mungkin politeknik yah, ke depannya,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Hakim Baihaqi
Editor : Ajijah

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper