Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Percepat Penerapan Pelayanan Digital, Kepala BI Jabar: Sumedang Jadi Contoh

Kepala Perwakilan BI Jabar Herawanto menyebut Kabupaten Sumedang menjadi salah satu daerah dengan penerapan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektrtronik (SPBE).
Kepala Perwakilan Bank Indonesia Jawa Barat Herawanto
Kepala Perwakilan Bank Indonesia Jawa Barat Herawanto

Bisnis.com, BANDUNG - Kepala Perwakilan Bank Indonesia Jawa Barat Herawanto menyebut Kabupaten Sumedang menjadi salah satu daerah dengan penerapan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) di Jawa Barat.

Hal tersebut disampaikan Herawanto dalam Launching West Java Economic Society dan West Java Digital Economic Festival 2022, di Kantor Perwakilan Bank Indonesia Jawa Barat, Senin (25/7/2022).

Menurutnya, saat ini Sumedang menjadi salah satu daerah yang bisa mengakselerasi penerapan sistem digital baik dalam sisi pelayanan publik maupun dari sisi pembayaran anggaran belanja pemerintahan.

"Beberapa daerah kabupaten kota di Jawa Barat digitalisasinya maju jauh meninggalkan daerah lainnya, saya beri contoh katakan saja Kabupaten Sumedang," kata Herawanto.

Menurutnya, melesatnya sistem pelayanan publik elektronik bisa dilihat dari bagaiamana Integrasi pengawasan pelayanan hingga ke tingkat dusun.

"Sumedang itu sistem pemerintahannya sudah maju sekali, bahkan bisa yang namanya bupati bisa memonitor apa yang terjadi hingga ke tingkat dusun," katanya.

Ke depan, pihaknya akan mendorong Kabupaten Sumedang agar memperluas sistem pelayanan elektronik sektor lainnya.

"Tinggal ketika kami melihat seperti itu, kami tinggal mendorong digitalisasi di aspek-aspek lain, seperti dari sisi bisnis dan kemudian dari sisi masyarakat termasuk dunia pendidikan di Sumedang," imbuhnya.

Untuk daerah lain, Herawanto menilai semuanya sudah berkomitmen untuk mengoptimalkan sistem pelayanan pemerintahan berbasis elektronik. Hanya saja memang progresnya yang berbeda-beda.

"Komitmennya seluruh kepala daerah sudah satu suara, hanya dari realisasinya yang berbeda-beda, tapi semua berprogres," imbuhnya. (K34)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dea Andriyawan
Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper