Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Percepat Penerapan Pelayanan Digital, Kepala BI Jabar: Sumedang Jadi Contoh

Kepala Perwakilan BI Jabar Herawanto menyebut Kabupaten Sumedang menjadi salah satu daerah dengan penerapan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektrtronik (SPBE).
Dea Andriyawan
Dea Andriyawan - Bisnis.com 25 Juli 2022  |  20:07 WIB
Percepat Penerapan Pelayanan Digital, Kepala BI Jabar: Sumedang Jadi Contoh
Kepala Perwakilan Bank Indonesia Jawa Barat Herawanto

Bisnis.com, BANDUNG - Kepala Perwakilan Bank Indonesia Jawa Barat Herawanto menyebut Kabupaten Sumedang menjadi salah satu daerah dengan penerapan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) di Jawa Barat.

Hal tersebut disampaikan Herawanto dalam Launching West Java Economic Society dan West Java Digital Economic Festival 2022, di Kantor Perwakilan Bank Indonesia Jawa Barat, Senin (25/7/2022).

Menurutnya, saat ini Sumedang menjadi salah satu daerah yang bisa mengakselerasi penerapan sistem digital baik dalam sisi pelayanan publik maupun dari sisi pembayaran anggaran belanja pemerintahan.

"Beberapa daerah kabupaten kota di Jawa Barat digitalisasinya maju jauh meninggalkan daerah lainnya, saya beri contoh katakan saja Kabupaten Sumedang," kata Herawanto.

Menurutnya, melesatnya sistem pelayanan publik elektronik bisa dilihat dari bagaiamana Integrasi pengawasan pelayanan hingga ke tingkat dusun.

"Sumedang itu sistem pemerintahannya sudah maju sekali, bahkan bisa yang namanya bupati bisa memonitor apa yang terjadi hingga ke tingkat dusun," katanya.

Ke depan, pihaknya akan mendorong Kabupaten Sumedang agar memperluas sistem pelayanan elektronik sektor lainnya.

"Tinggal ketika kami melihat seperti itu, kami tinggal mendorong digitalisasi di aspek-aspek lain, seperti dari sisi bisnis dan kemudian dari sisi masyarakat termasuk dunia pendidikan di Sumedang," imbuhnya.

Untuk daerah lain, Herawanto menilai semuanya sudah berkomitmen untuk mengoptimalkan sistem pelayanan pemerintahan berbasis elektronik. Hanya saja memang progresnya yang berbeda-beda.

"Komitmennya seluruh kepala daerah sudah satu suara, hanya dari realisasinya yang berbeda-beda, tapi semua berprogres," imbuhnya. (K34)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Bank Indonesia sumedang
Editor : Ajijah

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
back to top To top