Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Siapa Bilang Bandara Kertajati Mati? 4 Pesawat Kargo Terbang Tiap Hari

Bandarudara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati, Majalengka terus menggeliat di tengah kondisi tidak adanya penerbangan pesawat komersial di bandara tersebut sejak pandemi Covid-19 terjadi.
Wisnu Wage Pamungkas
Wisnu Wage Pamungkas - Bisnis.com 14 Juli 2022  |  17:30 WIB
Siapa Bilang Bandara Kertajati Mati? 4 Pesawat Kargo Terbang Tiap Hari
Petugas melakukan rutinitas pemeriksaan di selasar Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat, Rabu (24/6/2020). Bisnis - Rachman
Bagikan

Bisnis.com, BANDUNG — Bandarudara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati, Majalengka terus menggeliat di tengah kondisi tidak adanya penerbangan pesawat komersial di bandara tersebut sejak pandemi Covid-19 terjadi. Kargo menjadi rutinitas penerbangan yang hidup di sana saat ini.

VP of Commercial & Technical BIJB Ari Widodo mengatakan saat ini penerbangan kargo di bandara seluas 1.800 hektare tersebut masih terus berjalan dan aktif menerbangkan kargo ke sejumlah wilayah.

“Kargo kita sudah berjalan, per hari sekitar 30-40 ton. Sehari itu bisa tiga sampai empat pesawat,” katanya kepada Bisnis, Kamis (14/7/2022).

Menurutnya BIJB terus aktif mendorong layanan penerbangan kargo domestik ke sejumlah daerah, antara lain Pontianak, Kalimantan Barat, dan Banjarmasin, Kalimantan Utara serta Kualanamu, Medan, Sumatera Utara. Penerbangan kargo juga dilakukan hingga ke Makasar, Sulawesi Selatan.

“Kargo ke Pontianak itu sehari bisa dua kali memakai pesawat Trigana, kalau Makasar dan Kualanamu itu kadang-kadang,” ujarnya.

Rutin dengan penerbangan kargo domestik, rencananya pada Jumat (15/7/2022) dini hari akan dilakukan ujicoba penerbangan kargo internasional Kertajati-Kuala Lumpur. Ari memastikan dalam ujicoba pesawat Asia Cargo Airlines akan membawa 15 ton muatan kargo.

“Itu satu pesawat penuh, 15 ton,” katanya.

Setelah penerbangan inagurasi tersebut dilakukan, pihaknya bersama para stakeholder akan menggelar pertemuan dan evaluasi terkait pelaksanaan layanan tersebut.

“Apa dan bagaimana pelaksanaanya? Kurang apa? Akan ada banyak masukan dari shipper, dari airlines. Kita evaluasi, kemudian akan ditindaklanjuti hasilnya,” pungkasnya.

Pemerintah Provinsi Jawa Barat sejak jauh-jauh hari mensosialisasikan sejumlah keunggulan layanan kargo di Kertajati antara lain tengah tingginya demand atas pengiriman kargo (terutama General Cargo/e-Commerce).

Pengiriman barang dari Bandara Internasional Kertajati memiliki keunggulan dari segi jarak dan waktu yang lebih pasti;

Biaya Surat Muatan Udara(SMU), jasa gudang pemeriksaan regulated agent (RA) yang lebih murah.

Kemudian pelayanan gudang diklaim lebih cepat karena tidak adanya antrean incoming dan outgoing. Selain dimungkinkan untuk dilakukan peningkatan dan pengembangan frekuensi serta rute penerbangan dari dan ke Bandara Internasional Kertajati.

Bandara Kertajati juga telah ditetapkan sebagai Kawasan Pabean berdasarkan Keputusan Menteri Keuangan Republik Indonesia Nomor Kep-847/WBC.09.2019 dan Pengelola Terminal Kargo telah memiliki sertifikat ISAGO (IATA Safety Audit For Ground Operations).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bandara kertajati
Editor : Ajijah
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
back to top To top