Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Selama Gelaran MTQ, Okupansi Hotel di Sumedang Capai 100 Persen

Ketua PHRI Kabupaten Sumedang Nana Mulyana mengungkapkan tidak hanya hotel, kamar apartemen, penginapan kecil hingga rumah kos pun turut terisi.
Dea Andriyawan
Dea Andriyawan - Bisnis.com 21 Juni 2022  |  13:28 WIB
Ilustrasi - Bisnis
Ilustrasi - Bisnis

Bisnis.com, SUMEDANG - Okupansi hunian kamar hotel di Kabupaten Sumedang melejit hingga 100 persen selama gelaran MTQ Ke-37 Tingkat Jawa Barat.

Ketua PHRI Kabupaten Sumedang Nana Mulyana mengungkapkan tidak hanya hotel, kamar apartemen, penginapan kecil hingga rumah kos pun turut terisi.

"Biasanya okupansi hotel hanya mencapai 20 persen pada hari-hari biasa," ungkap Nana, Selasa (21/6/2022).

Sebelumnya, ia juga ikut terlibat dalam pelaksanaan dengan menyediakan kamar bagi tiga ribu peserta MTQ beserta tamu undangan lainnya. Kamar tersebut terdiri dari kamar hotel, kamar apartemen dan kamar di penginapan-penginapan kecil.

"Setiap kamar diisi oleh tiga orang jadi ada seribu unit kamar yang kami siapkan," terang Nana.

Nana mengatakan, ketersediaan kamar yang ada di daerahnya tidak bisa menampung seluruh pengunjung yang hadir. Hal tersebut diakibatkan tingginya animo peserta dan pengunjung dari berbagai daerah untuk menyaksikan acara tersebut.

"Sebagian para pengunjung saat itu ada yang menginap di kos-kosan sekitaran Sumedang, ada juga yang memilih menginap di hotel Bandung," paparnya.

Lama menginap para peserta dan pengunjung bervariasi, mulai dari empat hari hingga satu minggu.

"Jadi dengan pemerintah Kabupaten Kota kami telah sepakat ada yang dikontrak selama satu minggu mau kalah atau menang dalam MTQ, ada juga yang hanya empat hari menginapnya," ucapnya.

Selain gelaran MTQ ini, Nana menyebutkan okupansi hunian kamar di Kabupaten Sumedang pernah alami lonjakan hingga 70 persen yakni pada saat digelarnya acara Festival Olahraga Rekreasi Jawa Barat belum lama ini.

"Sebelumnya juga okuoansi hotel mencapai 70 persen pada saat velaran acara Kormi (Komite Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia) namun memang paling maksimal saat MTQ ini," ucapnya. (K34)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

hotel sumedang
Editor : Ajijah

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
To top