Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Pariwisata Kabupaten Sumedang Berpotensi Melejit, Ini Alasannya

Potensi Pariwisata yang ada di Kabupaten Sumedang berpotensi untuk berkembang pesat seiring dengan beroperasinya Tol Cisumdawu.
Dea Andriyawan
Dea Andriyawan - Bisnis.com 20 Juni 2022  |  16:26 WIB
Kawasan wisata di Jatigede, Kabupaten Sumedang - Bisnis
Kawasan wisata di Jatigede, Kabupaten Sumedang - Bisnis

Bisnis.com, SUMEDANG - Potensi Pariwisata yang ada di Kabupaten Sumedang berpotensi untuk berkembang pesat seiring dengan beroperasinya Tol Cisumdawu.

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengatakan saat ini menuju dan dari Sumedang menjadi lebih mudah dengan adanya Tol Cisumdawu. Sehingga orang-orang dari luar Sumedang bisa menikmati potensi wisata yang ada dengan waktu tempuh yang lebih efektif dibandingkan sebelumnya.

"Tadi saya ke sini [Sumedang] lewat tol [Cisumdawu], tol ini sangat menunjang untuk kemajuan Sumedang," jelas Kang Emil, Senin (20/6/2022).

Menurutnya, nantinya setelah pembangunan Tol Cisumdawu ini rampung seluruhnya, ia meyakini potensi wisata di Kabupaten Sumedang akan berkembang pesat.

Salah satu yang potensial untuk dikembangkan adalah ekosistem pariwisata di Bendungan Jatigede. Ke depan, dengan berkembangnya mobilisasi wisatawan di Kota Tahu ini, dipastikan ekosistem pariwisata lainnya akan terkerek.

Selain itu, Kang Emil juga menilai potensi investasi di Sumedang juga sangat besar. Tidak hanya dari sisi investasi sektor industri, tapi juga dari sektor pariwisata.

"Kita lihat sekarang hotel masih sedikit, ini akan menjadi peluang, karena orang lain sudah berwisata biasanya akan bermalam," jelas dia.

Ia berharap peluang ini bisa dioptimalkan oleh Pemerintah Kabupaten Bandung untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat yang nantinya akan berimbas pada tingkat perekonomian daerah.

"Saya ingin masyarakat terus mengeluarkan ide-ide kreatifnya, karena setelah kita menciptakan ekosistemnya, kita [pemerintah] bantu untuk pasarkan dan jika butuh modal kita bantu permodalannya," tandasnya. (K34)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

cisumdawu sumedang ridwan kamil
Editor : Ajijah

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
To top