Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rencana Honorer Diganti Jadi Outsourcing, Pemprov Jabar Lakukan Pemetaan

Pemerintah Provinsi Jawa Barat segera membahas secara teknis terkait rencana Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) yang akan menghapus tenaga honorer di lingkungan pemerintahan mulai 28 November 2023. 
Sekda Jabar Setiawan Wangsaatmaja
Sekda Jabar Setiawan Wangsaatmaja

Bisnis.com, BANDUNG - Pemerintah Provinsi Jawa Barat segera membahas secara teknis terkait rencana Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) yang akan menghapus tenaga honorer di lingkungan pemerintahan mulai 28 November 2023. 

Sekda Jabar Setiawan Wangsaatmaja mengatakan terkait dengan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kontrak (PPPK), pihaknya baru akan membahasanya besok Selasa (7/6/2022). 

"Jadi antara PPPK, Sekretaris Daerah, Biro Organisasi, dan BKD, akan mematakan pegawai-pegawai yang ada saat ini," katanya di Gedung Sate, Bandung, Senin (6/6/2022).

Pemetaan ini diperlukan untuk melihat sejauhmana honorer Pemprov Jabar akan dites untuk menjadi PPPK serta penempatannya. "Akan kita 'tes' barangkali untuk menjadi PPPK, sesuai dengan kebutuhan unit organisasi," kayanya. 

Menurut Setiawan ada beberapa kata kunci yang menjadi arahan Menteri PAN RB Tjahjo Kumolo terkait hal ini yang akan didiskusikan pihaknya besok.

Sebelumnya, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Tjahjo Kumolo menegaskan strategi ini adalah amanat Undang-undang No. 5/2014 tentang ASN yang disepakati bersama Dewan Perwakilan Rakyat (DPR).

Penataan tenaga non-aparatur sipil negara atau non-ASN pada pemerintah pusat maupun daerah adalah bagian dari langkah strategis untuk membangun SDM ASN yang lebih profesional dan sejahtera serta memperjelas aturan dalam rekrutmen. 

Sebab tidak jelasnya sistem rekrutmen tenaga honorer berdampak pada pengupahan yang kerap kali dibawah upah minimum regional (UMR).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper