Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jelajah Petani Milenial Juara: Satu Dekade Lagi Senja Kala Petani, Rektor IPB: Saatnya Milenial Terjun

Dikhawatirkan 10 tahun yang akan datang, petani-petani tersebut masuk usia senja dan akan minim regenerasi petani lantaran generasi milenial enggan berprofesi sebagai petani.
Inagurasi 1.249 Petani Milenial di Auditorium IPB, Bogor, Kamis (24/3/2022)./Bisnis
Inagurasi 1.249 Petani Milenial di Auditorium IPB, Bogor, Kamis (24/3/2022)./Bisnis

Bisnis.com, BOGOR - Rektor Institut Pertanian Bogor (IPB) Arif Satria menilai regenerasi petani di Indonesia, khususnya di Jawa Barat menjadi sebuah keniscayaan.

Arif mengutip kata-kata Presiden Pertama Indonesia, Soekarno yakni Hidup Mati Sebuah Bangsa Terletak pada Pangan.

"Kemandirian pangan menjadi sebuah keniscayaan, makanya tidak ada kata lain selain menegaskan kemandirian pangan," jelasnya, saat Inagurasi 1.249 Petani Milenial, di Auditorium IPB, Bogor, Kamis (24/3/2022).

Menurut Arif, rata-rata usia petani di Indonesia berdasarkan data yang dimilikinya yakni 47-48 tahun. Sehingga, dikhawatirkan 10 tahun yang akan datang, petani-petani tersebut masuk usia senja dan akan minim regenerasi petani lantaran generasi milenial enggan berprofesi sebagai petani.

"Rata-rata petani Indonesia 47-48 , sepuluh tahun mendatang mereka berumur 58 tahun, siapa yang akan menggantikan mereka sebagai petani?" jelasnya.

Selain SDM petani, dia juga menyoroti soal kesiapan teknologi agrikultur yang saat ini masih belum berkembang maksimal. Sehingga dikhawatirkan, nantinya ketika SDM atau pun teknologi tidak siap, maka 10 tahun kemudian akan gigit jari.

"Oleh karena itu melahirkan orang-orang berjiwa enterpreneur kemudian kemampuan itu menjadi keniscayaan, khususnya teknologi 4.0," jelasnya.

Sementara itu, ia juga setiap tahunnya melakukan talent maping terhadap mahasiswa baru. Hasilnya, 32 persen mahasiswa baru IPB berkeinginan untuk menjadi enterpreneur bidang agribisnis.

"Untuk itu, kita melakukan program secara sistematis, melalui business planning, business mentoring, ada business incubation, CEO School dan aneka program yang kita buat secara sistematis, by design untuk melahirkan pengusaha-pengusaha pertanian yang tangguh," jelasnya.

Bisnis Indonesia perwakilan Jawa Barat menggelar Program Jelajah Petani Milenial Juara. Perjalanan jurnalistik ini turut didukung oleh Humas Jabar dan Dinas Komunikasi dan Informatika Jawa Barat, Dinas Kehutanan Jawa Barat, Dinas Kelautan dan Perikanan Jawa Barat, Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Jawa Barat, Dinas Perkebunan Jawa Barat, Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan Jawa Barat, dan Bank BJB.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dea Andriyawan
Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper