Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Lapor Bu Sri Mulyani! Ridwan Kamil Sudah Jalankan Perintah

Ridwan Kamil mengatakan peresmian ini tindak lanjut pihaknya atas perintah Menteri Keuangan Sri Mulyani agar Pemerintah Provinsi Jawa Barat mengoptimalkan pemasukan asli daerah (PAD) lewat pemanfaatan aset.
Wisnu Wage Pamungkas
Wisnu Wage Pamungkas - Bisnis.com 23 November 2021  |  17:35 WIB
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (kedua kanan) meresmikan Laswee Creative Center di Jalan Laswi no 1, Bandung, Selasa (23/11 - 2021).
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (kedua kanan) meresmikan Laswee Creative Center di Jalan Laswi no 1, Bandung, Selasa (23/11 - 2021).

Bisnis.com, BANDUNG — Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil meresmikan Laswee Creative Center di Jalan Laswi no 1, Bandung, Selasa (23/11/2021).

Ridwan Kamil mengatakan peresmian ini tindak lanjut pihaknya atas perintah Menteri Keuangan Sri Mulyani agar Pemerintah Provinsi Jawa Barat mengoptimalkan pemasukan asli daerah (PAD) lewat pemanfaatan aset.

"Kita melaksanakan perintah Bu Sri Mulyani, agar di masa sulit seperti (pandemi) COVID, saat pajak turun, meningkatkan pendapatan dari sumber lain. Satu, dari BUMD. Dua, dari aset-aset yang dimanfaatkan secara ekonomi maksimal," katanya.

Laswee Creative Space yang dibangun di atas lahan dan bangunan milik Pemprov Jabar seluas 2.833 meter persegi adalah hasil dari kolaborasi antara Koperasi Bima Sejahtera Sentosa (BSS) dengan PT Olah Kelola Ruang itu.

"Pendapatan pemerintah cuma tiga, dari pajak, perusahaan, dan ketiganya aset. Asetnya ini banyak diem, jadi mudah mudahan Laswee Creative Space ini bisa menyemangati," katanya.

Menurutnya aset milik Pemprov Jabar jumlahnya ribuan, mulai dari lahan kosong hingga bangunan gedung namun yang sudah dikerjasamakan jumlahnya masih sangat sedikit. "Yang sudah dikerjasamakan mungkin baru 5-10 persen. Ini berlaku di seluruh Jabar. Biasanya lokasinya juga bagus, pasti di tengah kota," ujarnya.

Karena itu pihaknya mempersilakan kelompok masyarakat atau swasta yang tertarik memanfaatkan aset-aset Pemprov Jabar untuk berbagai kegiatan ekonomi atau ruang publik.

"Jadi saya persilakan kelompok masyarakat yang mau memanfaatkan aset pemerintah dengan cara dan prosedur yang sudah ditentukan untuk mendapatkan nilai ekonomi, sehingga kami mendapatkan pendapatan kegiatan ekonomi masyarakat juga maju," katanya.

Sementara itu, Komisaris PT Olah Kelola Ruang Deddy Wahjudi mengatakan Laswee Creative Space didesain untuk menjadi tempat berkumpul berbagai komunitas sekaligus daya tarik baru Kota Bandung.

Laswee Creative Space hadir menjadi sebuah tempat yang memberikan fasilitas indoor dan outdoor untuk setiap komunitas yang ingin membuat event secara rutin atau berkala.

Saat ini, Laswee dijadikan main venue dari Bandung Design Biennale 2021 (BDB 2021), mulai tanggal 5 hingga 27 November 2021. Event 2 tahunan komunitas desain di kota Bandung ini adalah agenda utama label Bandung sebagai Kota Desain dalam jejaring Kota Kreatif UNESCO.

"Selain memiliki lokasi yang strategis, Laswee berbekal fasilitas pendukung yang dapat menampung sampai dengan 300 pengunjung dalam setiap event-nya," tutur Deddy.

Komisaris PT Olah Kelola Ruang, Dina Dellyana membenarkan bahwa hadirnya Laswee Creative Space tergerak dari visi Menkeu RI, Sri Mulyani pada 2020 yang berharap aset atau barang milik negara (BMN) dioptimalisasi dalam rangka memberikan manfaat lebih bagi masyarakat.

"Laswee Creative Space merupakan salah satu contoh dari optimalisasi aset tersebut, dan tentu kami bersyukur semangat Menkeu ini sejalan dengan misi Pak Ridwan Kamil yang ingin menghidupkan asset Pemprov Jawa Barat, khususnya di Bandung," ujar Dina yang juga direktur The Greater Hub SBM ITB itu.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pemprov jabar ridwan kamil
Editor : Ajijah

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
To top