Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

WJIS 2021: Perpres 87/2021 Terbit, Rebana Sudah Jadi Nomenklatur

Perpres Rebana dan Jabar Selatan rencananya akan diserahkan dalam acara seremonial di dalam rangkaian West Java Investment Summit (WJIS) 2021 yang akan digelar mulai Kamis (21/10/2021) besok di Hotel Savoy Homann, Bandung.
Bandara Kertajati yang berada di kawasan Metropolitan Rebana, tepatnya di Kabupaten Majalengka/Bisnis
Bandara Kertajati yang berada di kawasan Metropolitan Rebana, tepatnya di Kabupaten Majalengka/Bisnis

Bisnis.com, BANDUNG — Presiden Joko Widodo sudah menerbitkan Peraturan Presiden Nomor 87/2021 tentang percepatan pembangunan kawasan Rebana (Cirebon-Patimban-Kertajati) dan Kawasan Jawa Barat Bagian Selatan pada 9 September lalu.

Perpres tersebut rencananya akan diserahkan dalam acara seremonial di dalam rangkaian West Java Investment Summit (WJIS) 2021 yang akan digelar mulai Kamis (21/10/2021) besok di Hotel Savoy Homann, Bandung. Salah satu yang berbahagia dengan terbitnya Perpres tersebut tidak lain tidak bukan, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil.

Menurutnya dengan turunnya payung hukum tersebut, maka kawasan Rebana yang digadang-gadang pihaknya sejak dua tahun terakhir kini resmi diakui sebagai kawasan oleh Pemerintah Pusat.

“Rebana kini sudah resmi jadi nomenklatur,” katanya dalam pernyataan yang dikutip Rabu (20/10/2021).

Ridwan Kamil mengaku perpres ini hasil kerja keras pihaknya melobi Presiden Joko Widodo dan para menteri bertahun-tahun. Menurutnya dalam setiap kesempatan pihaknya juga terus menyampaikan rencana pengembangan kawasan tersebut pada pemerintah pusat dan pemangku kebijakan.

“Perpres ini hasil lobi bertahun-tahun,” tuturnya.

Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu (DPMPTSP) Jawa Barat Noneng Komara mengatakan, ada sejumlah agenda penting dalam WJIS 2021. Salah satunya adalah penyerahan secara simbolis Peraturan Presiden Nomor 87 Tahun 2021 tentang Percepatan Pembangunan Kawasan Rebana dan Kawasan Jabar Bagian Selatan dari pemerintah pusat kepada Gubernur Jabar.

"Ini penting, bukan hanya sebuah seremoni. Tapi akan menambah keyakinan atau kepercayaan investor untuk berinvestasi di kawasan baru tersebut. Jadi WJIS ini diharapkan menjadi titik awal pengembangan investasi baru. Kalau Rebana sudah mulai tahun kemarin, dan Jabar Selatan akan kita mulai sekarang dengan penandatanganan MoU enam kepala daerah di Jabar Selatan. Dengan dua kawasan dibangun, ada keselarasan antarwilayah," katanya.

WJIS 2021 sendiri merupakan kolaborasi antara Pemprov Jawa Barat dan Bank Indonesia. WJIS akan menghadirkan sejumlah peluang investasi, sekaligus ruang bagi calon investor menggali informasi lebih jauh sebelum mencapai kesepakatan.

Anda yang tertarik untuk dalam acara ini bisa mendaftar secara online di website resmi www.wjis.co.id

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper