Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Road To WJIS 2021: Ketua Umum Kadin Bicara Soal Peran Strategis Jabar

Ketua Umum Kadin Indonesia Arsjad Rasjid mengatakan posisi strategis Jawa Barat selama ini berhasil mendukung keberadaan dan pertumbuhan ekonomi DKI Jakarta dan Jawa Tengah.
Ketua Umum Kadin Indonesia Arsjad Rasjid
Ketua Umum Kadin Indonesia Arsjad Rasjid

Bisnis.com, BANDUNG — Kadin Indonesia memastikan posisi Jawa Barat yang strategis bagi pertumbuhan ekonomi Indonesia. Posisi strategis Jawa Barat makin mantap usai Pelabuhan Patimban, Subang resmi beroperasi.

Ketua Umum Kadin Indonesia Arsjad Rasjid mengatakan posisi strategis Jawa Barat selama ini berhasil mendukung keberadaan dan pertumbuhan ekonomi DKI Jakarta dan Jawa Tengah. Menurutnya pembangunan Kawasan Rebana ke depan akan makin memperkuat daya tawar Jawa Barat sebagai provinsi strategis.

“Jawa Barat adalah provinsi strategis dalam pemulihan ekonomi nasional, investasi dan logistik,” katanya dalam webinar Tim Pemulihan Ekonomi Daerah yang dikutip Bisnis, Selasa (19/10/2021).

Menurutnya Rebana yang di dalamnya ada Patimban akan berdaya saing karena menjadi pelabuhan modern yang menerapkan teknologi 4.0. Keberadaan pelabuhan ini diyakini bisa membuat Patimban menjadi jendela bagi industri otomotif Indonesia.

“Ke depan Jawa Barat akan menjadi jendela otomotif Indonesia,” katanya.

Arsjad berharap para pelaku usaha ke depan sudah bisa mengantisipasi ekonomi pasca Covid-19 yang penuh dengan adaptasi kebiasaan baru. Dia menunjuk pentingnya menggenjot digitalisasi pertanian, penerapan energi baru terbarukan, peningkatan kemampuan program pelatihan yang berkiblat pada kebutuhan masa depan dan membangun kekuatan logistik dan rantai pasok.

Ketua Satgas Pemulihan Ekonomi Daerah Jawa Barat Ipong Witono mengatakan para pelaku usaha di Jawa Barat harus bersiap menghadapi proses transformasi ekonomi ke titik yang baru.

“Kita harus sama-sama menyatukan gagasan dan pikiran, Kadin diharapkan menjadi yang terdepan dan melakukan upaya-upaya praksis,” ujarnya.

Satgas PED Jabar sendiri menurutnya secara terus menerus memberikan sejumlah rekomendasi yang dinilai bisa menyelamatkan pelaku ekonomi di daerah, seperti restrukturisasi dan pembebasan bunga kredit. “Ini supaya bisa menghapuskan beban hutang khususnya sejak pandemi dimulai,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Ajijah

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper