Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bey Minta Asrama Haji Indramayu Jamin Kenyamanan Jemaah

Fasilitas di asrama haji harus dipastikan bisa melayani jemaah haji dengan baik terutama untuk makanan, minum dan air bersih.
Asrama Haji Indramayu/Antara
Asrama Haji Indramayu/Antara

Bisnis.com, BANDUNG--Penjabat Gubernur Jawa Barat Bey Triadi Machmudin memastikan akan memantau persiapan asrama haji Indramayu yang akan mulai menampung jemaah haji 2024 yang berangkat dari Bandara Kertajati, Majalengka.

Bey mengatakan pihaknya akan melihat persiapan sekaligus fasilitas asrama haji di Indramayu pada 30 April mendatang. "Asrama Indramayu berangkat di [Kertajati] Majalengka. Saya minta standar-standarnya diberikan yang terbaik," katanya di Gedung Sate, Bandung, Jumat (26/4/2024).

Menurutnya fasilitas di asrama haji harus dipastikan bisa melayani jemaah haji dengan baik terutama untuk makanan, minum dan air bersih. Rencanannya jemaah haji yang berangkat dari Kertajati, akan mulai masuk asrama haji Indramayu pada 10 Mei mendatang.

"Tanggal 12 Mei kloter pertama, ada 30 kloter, sehari satu kloter [berangkat]," ujarnya.

Bey memastikan jemaah haji dari Bogor, Depok, Bekasi akan terbang dari Soekarno-Hatta sementara untuk daerah lain berangkat dari Bandara Kertajati.

Kepala Biro Kesejahteraan Rakyat Sekretariat Daerah Provinsi Jawa Barat Faiz Rahman mengatakan jemaah asal Kota dan Kabupaten Bandung akan bergabung dengan Cirebon, Indramayu, Majalengka, dan Kuningan (Ciayumajakuning), Subang dan Sumedang.

"Total jemaah yang berangkat dari BIJB Kertajati mencapai 13.200 orang yang terdiri dari 13.050 jemaah dan 150 petugas haji. Ini semua dari daerah asal Ciayumajakuning, Subang, Sumedang, Kota dan Kabupaten Bandung," katanya, Kamis (25/4/2024).

Jemaah nantinya akan melalui karantina di Asrama Haji Indramayu yang kini sudah beroperasi dan digunakan untuk peberangkatkan tahun sebelumnya.

"Layanan penerbangan haji di BIJB Kertajati ada 30 kloter. Untuk per hari rata-rata akan memberangkatkan satu kloter," katanya.

Menurutnya dari 30 kloter yang akan diberangkatkan melalui BIJB Kertajati, nantinya akan dibagi dalam dua gelombang. Gelombang pertama akan diberangkatkan sebanyak 12 kloter. Sementara, untuk gelombang kedua ada sebanyak 18 kloter.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper