Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

CSR di Era New Normal: MUJ ONWJ Arahkan CSR Ke Sektor Strategis

Direktur Operasional PT MUJ ONWJ Ardra Teja Bhaswara mengatakan pihaknya terus menyesuaikan tujuan dana CSR mengikuti sejumlah perkembangan yang terjadi di wilayah kerja PHE ONWJ.
Direktur Operasional PT MUJ ONWJ Ardra Teja Bhaswara
Direktur Operasional PT MUJ ONWJ Ardra Teja Bhaswara

Bisnis.com, BANDUNG — PT Migas Hulu Jabar (MUJ) ONWJ bertekad mengarahkan anggaran Corporate Social Responsibility (CSR) pada mitra yang mengajukan kegiatan-kegiatan strategis.

Direktur Operasional PT MUJ ONWJ Ardra Teja Bhaswara mengatakan pihaknya terus menyesuaikan tujuan dana CSR mengikuti sejumlah perkembangan yang terjadi di wilayah kerja PHE ONWJ. Wilayah kerja korporasi sendiri membentang dari Indramayu, Karawang, Bekasi, Subang dan DKI Jakarta.

Sejauh ini PT MUJ ONWJ masih menyalurkan CSR pada sejumlah daerah dengan beragam kebutuhan pemohon, mulai dari sektor pendidikan, ekonomi, kesehatan dan lingkungan.

“Kami juga masuk ke wilayah Jakarta Timur dalam tanggap darurat kebakaran,” katanya dalam Webinar Corporate Social Responsibility di Era New Normal, Rabu (8/9/2021).

Di masa penanganan Pandemi Covid-19, bersama induk perusahaan PT MUJ, pihaknya juga sudah menyalurkan dana CSR untuk pemberian APD, bantuan sosial pada warga terdampak pandemi, hingga dukungan penuh pada Posko Oksigen Jabar. “Kami juga ikut menggelar vaksinasi di Jabar dan DKI Jakarta,” tuturnya.

Ke depan, MUJ ONWJ menurutnya sudah mempersiapkan untuk mengarahkan CSR pada sektor strategis. Ardra menunjuk kemungkinan pihaknya akan menyalurkan CSR di sektor pendidikan untuk mendukung pendidikan digital. “Arahnya tradisional CSR makin sedikit, lebih ke strategis CSR,” ujarnya.

Namun, dia mengaku rencana ini tetap tidak menutup pintu pihaknya pada pengajuan proposal CSR untuk sektor tradisional. MUJ ONWJ sendiri menekankan alur pengajuan CSR yang makin tertib dan akuntabel. Menurutnya pengajuan proposal ditekankan harus menyertakan surat rekomendasi dari pemegang saham.

“Ada surat pengantar proposal, proposal mitra CSR, RAB, kelengkapan dokumen dan legalitas,” tuturnya.

Alurnya, MUJ ONWJ akan memverifikasi dokumen, melakukan survei lokasi jika diperlukan, nota dinas/memo dan permohonan serta persetujuan MUJ sebagai induk perusahaan. Berikutnya MUJ akan melakukan ceklis formulir kelengkapan, surat hasil revisi dan persetujuan MUJ dan sinkronisasi batas wilayah penyaluran.

Berikutnya MUJ ONWJ akan melakukan surat perjanjian bersama mitra CSR, setelah itu direksi akan mengeluarkan surat keputusan untuk selanjutnya dilakukan pencairan dana CSR.

Manajer Senior Hubungan Kelembagaan SKK Migas Safe’i Syafrie mengatakan CSR merupakan kegiatan yang dilaksanakan oleh Kontraktor KKS di bawah inisiasi dan koordinasi SKK Migas atas pertimbangan dan kebijakan tertentu.

“Sebagai langkah strategis dalam meningkatkan keharmonisan hubungan dengan stakeholders baik di tingkat daerah maupun nasional,” tuturnya.

Pihaknya sendiri mengarahkan agar di era pandemi, korporasi mengarahkan bantuan untuk isu kesehatan, pemberian sembako dan pemulihan ekonomi bekerjasama dengan UMKM. Adapun kegiatan yang mendapatkan prioritas untuk dilaksanakan SKK menunjuk bantuan pengentasan angka stunting dan penghijauan lewat penanaman pohon dan mangrove.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper