Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com

Konten Premium

Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Jelajah Metropolitan Rebana 2: Pembangunan Infrastruktur Jatigede Buka Peluang Bisnis Warga Lokal

Pembangunan kawasan wisata merupakan upaya pemerintah untuk menggerakkan perekonomian daerah.
Wisnu Wage Pamungkas
Wisnu Wage Pamungkas - Bisnis.com 30 Juni 2021  |  11:51 WIB
Jelajah Metropolitan Rebana 2: Pembangunan Infrastruktur Jatigede Buka Peluang Bisnis Warga Lokal
Menara Kujang Sapasang nantinya akan menjadi landmark terbaik di Jawa Barat, dengan pemandangan hamparan danau buatan yang dikelilingi perbukitan dengan pulau-pulau kecil di tengahnya. - Istimewa/Humas Jabar
Bagikan

Bisnis.com, SUMEDANG — Pemerintah Kabupaten Sumedang tengah memulai proses pembangunan infrastruktur di kawasan Waduk Jatigede. Salah satunya, pembangunan Masjid Al Kamil di kawasan Panenjoan, Jatigede.

Bupati Sumedang Dony Ahmad Munir mengatakan groundbreaking masijd yang akan menjadi salah satu landmark Jatigede tersebut dilakukan Jumat (25/6/2021). Menurut Dony, selanjutnya akan dibangun Menara Kujang Sapasang yang didesain khusus Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil

”Selain Masjid Al Kamil, di kawasan wisata Bendungan Jatigede bagian Timur ini juga akan dibangun menara Kujang Sapasang," kata Dony dalam pernyataan yang dikutip Bisnis, Rabu (30/6/2021).

Dia menggambarkan, antara masjid dan menara akan dihubungkan dengan sebuah jembatan. 

"Menara Kujang Sapasang nantinya akan menjadi landmark terbaik di Jawa Barat, dengan pemandangan hamparan danau buatan yang dikelilingi perbukitan dengan pulau-pulau kecil di tengahnya," kata Dony.

Dony mengatakan pembangunan kawasan wisata merupakan upaya pemerintah untuk menggerakkan perekonomian daerah. Proses pembangunan akan membuka banyak lapangan kerja untuk masyarakat sekitar dan juga Sumedang. 

"Masyarakat yang kehilangan pekerjaan akibat Covid bisa mencari peluang di lokasi pembangunan, bisa sebagai penyedia barang, jasa, makanan, minuman dan lainnya. Begitu juga setelah pembangunan selesai bisa menciptakan lapangan kerja. Masa depan kita salah satunya nanti bertumpu pada sektor pariwisata," ujarnya.

Sebelumnya, Ridwan Kamil mengatakan landmark yang akan diberi nama “Menara Kujang Sapasang” tersebut diharapkan dapat menggeliatkan sektor pariwisata Sumedang.

“Mudah-mudahan dengan selesainya titik landmark tersebut bisa menandai lahirnya kesuksesan pariwisata di Sumedang dan juga di Jabar. Kemudian nanti ada jembatan karena menghubungkan dua bukit, di bukit akhir berdiri kujang yang sepasang utama dan sepasang skala kecilnya,” tambah Ridwan Kamil. 

Sedangkan spot unggulan yang ditawarkan dalam proyek kawasan pariwisata tersebut ialah melihat keindahan alam Jatigede dari atas menara. 

Spot unggulannya view alam Jatigede aja, cuma posisinya di atas menara seperti kita naik menara, kalau di New York itu Patung Liberty,” katanya.

Program Jelajah Metropolitan Rebana 2 Bisnis Indonesia kembali terselenggara berkat dukungan Pemerintah Kabupaten Sumedang, Diskominfo Jawa Barat, PT Astra Tol Cipali, Bank Indonesia Perwakilan Cirebon dan PT Migas Hulu Jabar ONWJ.

Program ini dilepas khusus Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil bersama direksi Bisnis Indonesia secara daring dari Gedung Pakuan, Bandung.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

jawa barat waduk jatigede ridwan kamil Metropolitan Rebana Jelajah Metropolitan Rebana
Editor : Saeno
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
back to top To top