Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Kota Cirebon Kembangkan Potensi Kerang Hijau

Wakil Wali Kota Cirebon Eti Herawati mengatakan salah satu wilayah pesisir yang berpotensi menghasilkan banyak kerang hijau yakni kawasan pesisir Kelurahan Panjunan, Kecamatan Lemahwungkuk, Kota Cirebon.
Hakim Baihaqi
Hakim Baihaqi - Bisnis.com 04 Juni 2021  |  14:03 WIB
Potensi nelayan yang membudidayakan kerang hijau di Kota Cirebon perlu digali.
Potensi nelayan yang membudidayakan kerang hijau di Kota Cirebon perlu digali.

Bisnis.com, CIREBON - Pemerintah Kota Cirebon mendukung potensi serta wisata di kawasan pesisir semakin berkembang. Salah satu yang dilakukan, yakni pengembangan produksi hasil laut kerang hijau.

Wakil Wali Kota Cirebon Eti Herawati mengatakan salah satu wilayah pesisir yang berpotensi menghasilkan banyak kerang hijau yakni kawasan pesisir Kelurahan Panjunan, Kecamatan Lemahwungkuk, Kota Cirebon.

"Pesisir ini memiliki potensi kerang hijau. Bahkan ada 15 kelompok nelayan dimana masing-masing kelompok terdiri dari 15 orang, mereka juga telah mendapatkan bantuan dari kelurahan,” kata Eti di Kota Cirebon, Jumat (4/6/2021).

Eti mengatakan, potensi nelayan yang membudidayakan kerang hijau di Kota Cirebon perlu digali. Bahkan, pemerintah pun berencana mengajukan bantuan kepada pemerintah pusat, melalui dana pemulihan ekonomi, untuk mereka.

Salah satunya, kata Eti, memberdayakan ibu-ibu untuk menjadi pengupas kerang hijau, lantaran di Kota Cirebon sampai saat ini belum ada.

"Sekarang seluruh hasil panen dikirimkan ke daerah Bondet, Kabupaten Cirebon. Jika ibu-ibu sudah diberdayakan sebagai pengupas kerang hijau diyakini bisa meningkatkan perekonomian keluarga," kata Eti.

Melimpahnya potensi kerang hijau pun bisa digali oleh warga sekitar, sehingga nantinya wisatawan yang datang ke pesisir Kota Cirebon bisa menikmati olahan kerang segar secara langsung.

Eti menyebutkan, dalam waktu dekat program Kotaku bakal menyasar pesisir Kota Cirebon. Selain mempercantik wajah pesisir Kota Cirebon, nantinya potensi pariwisata juga bisa ditingkatkan.

"Pesisir Kota Cirebon harus maju, supaya menjadi destinasi unggulan dan menghilangkan kesan kumuh," katanya.

Dasuki, nelayan yang membudidayakan kerang hijau mengatakan, kelompoknya saat ini memiliki dua rumpon berukuran 12×4 meter persegi. Sekali panen bisa mencapai 26 ton.

"Kelemahannya memang di sini belum ada pengolahan lanjutan untuk kerang hijau,” kata Dasuki. (K45)


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

cirebon
Editor : Ajijah

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top