Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Subang Kembangkan Enam Subsektor Ekonomi Kreatif

Saat ini Subang sudah terbentuk komite ekonomi kreatif (KEK). Salah satu tugasnya, melakukan penyusunan kebijakan pengembangan ekonomi kreatif.
Pj Sekretaris Daerah Subang, Asep Nuroni.
Pj Sekretaris Daerah Subang, Asep Nuroni.

Bisnis.com, SUBANG - Pemkab Subang berencana mengembangkan ekonomi kreatif. Berdasarkan hasil survei SBM-ITB, ada 17 subsektor ekonomi kreatif yang bisa dikembangkan. Bahkan, dari 17 suksektor itu, enam subsektor di antaranya jadi unggulan wilayah yang terkenal dengan sebutan Kota Nanasnya ini.

Pj Sekretaris Daerah Subang, Asep Nuroni, mengatakan, saat ini Subang sudah terbentuk komite ekonomi kreatif (KEK). Salah satu tugasnya, melakukan penyusunan kebijakan pengembangan ekonomi kreatif. Serta, mengarahkan dan mengawal pelaksanaan program aksi pengembangan ekonomi kreatif Subang.

"Kami juga sudah menggandeng pihak ketiga, yakni dari akademisi. Menurut survei, ada 17 subsektor ekonomi kreatif dan dari 17 subsektor tersebut, Kabupaten Subang memiliki 6 subsektor unggulan," ujarnya, melalui rilis yang diterima Bisnis.com, Minggu (4/4/2021).

Enam subsektor unggulan yakni, musik, fotografi, videografi, fesyen, kuliner dan kriya. Dengan begitu, lanjut Asep, kedepan Pemkab Subang akan fokus pada pengembangan subsektor ekonomi kreatif tersebut.

Dengan terbentuknya KEK ini, pihaknya sangat mengapresiasi. Apalagi, pelaksanaan kegiatan yang sudah berjalan ini, tanpa anggaran dari pemerintah daerah. Hal ini membuktikan bahwa kreatifitas telah berjalan, meskipun tanpa bantuan dana dari APBD.

Asep pun berharap dengan adanya komite ekonomi kreatif, Kabupaten Subang dapat memaksimalkan potensi yang dimiliki. Serta mampu mengubah perwajahan daerah ini. Sehingga, bisa lebih kreatif dan meningkatkan kesejahteraan masyarakatnya.

Sementara itu, ketua Komite Ekomomi Kreatif Kabupaten Subang, Adrianto Akbar, mengatakan ada skala prioritas yang dilaksanakan di tahun ini. Yaitu mencoba melakukan mapping (pemetaan) komunitas ekonomi kreatif, dengan cara melaksanakan sosialisasi ke sekolah, universitas dan masyarakat luas.

"Selama ini, berbagai pihak yang terkait dalam kemajuan pembangunan di Subang, sudah terlalu lama bergerak sendiri-sendiri. Karena itu, sudah saatnya kita bersinergi demi tercapainya tujuan bersama," ujarnya. (K60)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Asep Mulyana
Editor : Miftahul Ulum
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper