Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Pemkab Sumedang Gandeng Fapet Unpad Bangun Peternakan Modern

Pemerintah Kabupaten Sumedang bekerjasama dengan Fakultas Peternakan Universitas Padjajaran (Unpad) untuk membangun peternakan modern yang nantinya melalui digitalisasi pusat informasi pasar ternak.
Hakim Baihaqi
Hakim Baihaqi - Bisnis.com 19 Februari 2021  |  20:37 WIB
Ilustrasi - Bisnis
Ilustrasi - Bisnis

Bisnis.com, SUMEDANG - Pemerintah Kabupaten Sumedang bekerjasama dengan Fakultas Peternakan Universitas Padjadjaran (Unpad) untuk membangun peternakan modern yang nantinya melalui digitalisasi pusat informasi pasar ternak.

Dekan Fakultas Peternakan Unpad Rahmat Hidayat mengatakan dengan aplikasi tersebut nantinya bisa dihimpun berapa jumlah ternak yang akan dipasarkan, lokasi, nomor kontak, jumlah, dan bobot badan.

"Pembeli nantinya tinggal membuka aplikasi. Tentu ini akan memudahkan bagi pembeli," di Gedung Negara, Kabupaten Sumedang, Jumat (19/2/2021).

Rahmat mengatakan, pihaknya pun sudah menawarkan bantuan dan kerjasama dalam bidang sumber daya manusia (SDM), sehingga mampu mengembangkan peternakan di Kabupaten Sumedang.

Selain itu, kata Rahmat, Fakultas Peternakan Unpad siap membantu meningkatkan produktivitas dan kualitas produk ternak kota tahu itu, "Diharapkan mampu memenuhi kebutuhan pasar di Kabupaten Sumedang," katanya.

Bupati Sumedang Dony Ahmad Munir mengatakan bantuan dan tawaran tersebut akan ditindaklanjuti oleh Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Sumedang.

Dalam waktu dekat pun, Pemerintah Kabupaten Sumedang akan membuat percontohan dan rencana aksinya, baik produksi ternak langsung maupun pengolahan kotoran hewan (kohe).

"Kami minta beberapa percontohan dan rencana aksi antara Unpad dengan Pemda. Bisa untuk produksi ternak langsung, bahkan akan ada pengolahan untuk kotoran ternak untuk dijadikan biogas, nanti akan kita follow up," katanya. (K45)


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

sumedang
Editor : Ajijah

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top