Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Daop 3 Cirebon: Calon Penumpang Bisa Melampirkan Hasil Pemeriksaan GeNose Test

PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasi (Daop) 3 Cirebon kini memperbolehkan calon penumpang untuk melampirkan hasil pemeriksaan geNose test sebagai salah satu syarat melakukan perjalanan kereta api jarak jauh.
Hakim Baihaqi
Hakim Baihaqi - Bisnis.com 27 Januari 2021  |  14:26 WIB
GeNose C19 adalah alat pendeteksi virus corona yang dikembangkan para peneliti di Universitas Gajah Mada dan sudah mendapatkan Izin Edar dari Kementerian Kesehatan.  - KEMENTERIAN BUMN
GeNose C19 adalah alat pendeteksi virus corona yang dikembangkan para peneliti di Universitas Gajah Mada dan sudah mendapatkan Izin Edar dari Kementerian Kesehatan. - KEMENTERIAN BUMN

Bisnis.com, CIREBON - PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasi (Daop) 3 Cirebon kini memperbolehkan calon penumpang untuk melampirkan hasil pemeriksaan geNose test sebagai salah satu syarat melakukan perjalanan kereta api jarak jauh.

Manajer Humas PT KAI Daop 3 Cirebon Luqman Hakim mengatakan aturan tersebut sesuai dengan urat Edaran Kementerian Perhubungan No 11 Tahun 2021 tentang perpanjangan petunjuk pelaksanaan transportasi kereta selama pandemi Covid-19.

Surat keterangan hasil negatif Covid-19 dari geNose test ini, sampelnya akan diambil maksimal 3x24 jam sebelum waktu pemberangkatan.

"GeNose Test di stasiun rencananya akan tersedia secara bertahap mulai 5 Februari 2021. Kemudian, ini tidak berlaku untuk anak di bawah 12 tahun," kata Luqman, Rabu (27/1/2021).

Saat ini, PT KAI Daop 3 Cirebon masih mempersiapkan kerja sama dengan Universitas Gadjah Mada dan PT Rajawali Nusantara Indonesia (RNI) terkait penyediaan alat tersebut.

Luqman mengatakan selain itu pihaknya berkomitmen menjual tiket kereta api jarak jauh dan lokal hanya 70 persen dari jumlah kapasitas, agar tetap melakukan physical distancing.

Seluruh penumpang yang menaiki kereta api, diminta untuk mematuhi protokol kesehatan dan tetap menerapkan 3M atau memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak.

"Mendukung penuh kebijakan yang ditetapkan oleh pemerintah untuk mencegah penyebaran melalui moda transportasi kereta api," kata Luqman. (K45)


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pt kai cirebon
Editor : Ajijah

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top