Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Pemprov Jabar & PTPN VIII Sepakat Manfaatkan Lahan di Rancabali

Pemerintah Provinsi Jawa Barat bekerjasama dengan PT Perkebunan Nusantara (PTPN) VIII akan mengalihfungsikan lahan seluas 1.000 hektare menjadi peternakan sapi susu perah dan pertanian terpadu.
Wisnu Wage Pamungkas
Wisnu Wage Pamungkas - Bisnis.com 08 September 2020  |  16:45 WIB
Gubernur Jabar Ridwan Kamil
Gubernur Jabar Ridwan Kamil

Bisnis.com, BANDUNG - Pemerintah Provinsi Jawa Barat bekerjasama dengan PT Perkebunan Nusantara (PTPN) VIII akan mengalihfungsikan lahan seluas 1.000 hektare menjadi peternakan sapi susu perah dan pertanian terpadu.

Selain itu, lahan milik PTPN inipun rencananya akan dikembangkan menjadi destinasi pariwisata.

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil meninjau langsung area lahan tersebut bersama Bupati Bandung Dadang M Naser dan perwakilan PTPN VIII, tepatnya di desa Ciparay, Rancabali, Selasa (8/9/2020).

Menurutnya pemanfaatan lahan tersebut bertujuan untuk pemulihan ekonomi pada masa pandemi Covid-19. Selain membawa dampak ekonomi, peternakan sapi susu perah dan pertanian terpadu ini juga untuk peningkatan swasembada pangan Jabar.

"Lahan seribu hektar di Rancabali akan kita fungsikan menjadi peternakan sapi susu perah dan pertanian terpadu sehingga bermanfaat untuk petani/peternak dan membawa swasembada pangan," katanya.

Tak hanya itu, pemanfaatan lahan tersebut juga untuk menekan impor susu. Kang Emil mencatat, impor susu ke Indonesia nilainya hampir mencapai Rp17 triliun.

"Kami melihat masih banyak impor susu ke Indoensia tercatat nilainya hampir Rp 17 triliun dari luar negeri untuk kebutuhan susu nasional," ujarnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pemprov jabar ptpn viii
Editor : Ajijah
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top