Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Kebijakan PSBB di Bodebek Bakal Terus Ikuti DKI

Rencana DKI Jakarta kembali menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) Transisi akan diikuti oleh wilayah penyangga.
Wisnu Wage Pamungkas
Wisnu Wage Pamungkas - Bisnis.com 14 Juli 2020  |  15:33 WIB
Ilustrasi - Bisnis
Ilustrasi - Bisnis

Bisnis.com, BANDUNG - Rencana DKI Jakarta kembali menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) Transisi akan diikuti oleh wilayah penyangga.

Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Jawa Barat jmemastikan rencana penerapan PSBB di DKI Jakarta akan diikuti dengan kebijakan serupa untuk wilayah Bogor, Depok dan Bekasi (Bodebek).

Kepala Dinas Kesehatan Jawa Barat Berli Hamdani mengatakan Bodebek sebagai daerah penyangga akan memberlakukan PSBB yang diberlakukan di DKI Jakarta dengan beberapa penyesuaian.

“Dari hasil kajian epidemologis sendiri terutama Depok dan kab/kota Bekasi begitu kasus di DKI meningkat daerah itu juga mengalami peningkatan. Kebijakan yang diambil melihat kajian seperti itu relevan mengacu pada kebijakan yang dilaksanakan oleh DKI,” ujarnya di Bandung, Selasa (14/7/2020).

Sebelumnya Gugus Tugas sudah menetapkan bahwa PSBB Proporsional di Bodebek diperpanjang dari 3 Juli sampai 17 Juli mendatang. Saat ini kawasan tersebut masih masuk zona kuning level kewaspadaan Covid-19.

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengatakan PSBB Proporsional di Bodebek rencananya akan kembali diperpanjang selama 14 hari karena dari catatan epidemologi gugus tugas wilayah yang mencakup Kota dan Kabupaten Bogor, Kota dan Kabupaten Bekasi serta Kota Depok tersebut masih masuk dalam zona kuning.

“Sehingga kita belum punya keyakinan untuk melakukan relaksasi karena epidemologinya dengan Jakarta masih dinamis, fluktuatif. Sehingga belum bisa terprediksi terkendali, beda dengan non Bodebek yang memiliki hitungan rata-rata,” katanya di Gedung Pakuan, Bandung, Rabu (1/7/2020).

Menurutnya dari angka Rt di wilayah Bogor dan Bekasi sudah berada di bawah 1, sementara Kota Depok masih di atas 1 yang menurut Ridwan Kamil masih masuk dalam kategori rawan. “PSBB ini akan difokuskan selama 14 hari untuk melakukan tes,” ujarnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pemprov jabar New Normal
Editor : Ajijah
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top