Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jelajah Segitiga Rebana: Jawa Barat Ingin Meniru Taiwan

Dalam pemulihan ekonomi pasca-pandemi Covid-19, Jawa Barat bisa berkaca pada pengalaman Taiwan.
Anggota Dewan Eksekutif Tim Akselerasi Pembangunan (TAP) Jawa Barat Muhammaf Yusuf
Anggota Dewan Eksekutif Tim Akselerasi Pembangunan (TAP) Jawa Barat Muhammaf Yusuf

Bisnis.com, BANDUNG--Anggota Dewan Eksekutif Tim Akselerasi Pembangunan (TAP) Jawa Barat Muhammaf Yusuf mengatakan Jawa Barat dengan penanganan Covid-19 yang cepat, tepat dan akurat mulai bergegas untuk segera memulihkan laju perekonomian lewat penerapan Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB).

Yusuf mengatakan dalam pemulihan ekonomi pasca-pandemi Jawa Barat bisa berkaca pada pengalaman Taiwan.

“Taiwan itu penanganan Covid-19 nya cepat selesai, cepat buka juga aktivitas perekonomiannya. Mereka begitu selesai, cepat dia buka industri dan aktivitas ekonominya. Jawa Barat ingin jadi provinsi pertama yang cepat pulih kesehatan dan ekonomi,” ujarnya kepada Bisnis, pekan ini.

Yusuf mengatakan akibat pandemi keberlangsungan Segitiga Rebana mengalami dilema. Potensi ada, tapi bisnis manufaktur Indonesia yang 60 persen berada di Jawa Barat sangat terdampak. “Banyak pabrik yang lay off. Karena demand global suplly chain terdampak. Ini jadi catatan,” ujarnya.

Menurutnya investor pasca-pandemi akan melihat peluang wilayah paling strategis seperti kawasan Segitiga Rebana yang diapit Bandara Kertajati, Pelabuhan Patimban dan konektifitas jalan tol ditambah ketersediaan lahan eksisting seperti eks perkebunan tebu PT RNI. “Itu titik [strategis] yang bisa dilihat, Segitiga Rebana adalah wilayah yang siap menampung industri,” katanya.

Pihaknya juga menilai peluang Rebana jadi wadah relokasi industri di China milik Amerika dan Eropa sangat terbuka. “Ada keinginan memindahkan pabrik dari Tiongkok karena sensitifitas Covid-19. Terkait rencana pindah ke Jawa Tengah itu masih sebatas informasi,” katanya.

Kawasan Segitiga Rebana memiliki wilayah yang luas terdiri dari Kabupaten Cirebon dengan luas 1.072,29 km persegi, Kabupaten Subang 2.051,76 km persegi, dan Kabupaten Majalengka 1.204,24 km persegi. Jika digabungkan, total luas Segitiga Rebana mencapai 4.328,29 km persegi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper