Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Objek Wisata Majalengka Besok Dibuka, Pelaku Usaha di Panyaweuyan Bersukacita

Objek wisata di Majalengka ditutup oleh pemerintah lantaran adanya pandemi Covid-19. Namun, seiring dengan penanganan Covid-19 yang mulai bisa dikendalikan, pemerintah mulai memberikan relaksasi terhadap objek wisata.
Dea Andriyawan
Dea Andriyawan - Bisnis.com 26 Juni 2020  |  19:55 WIB
Objek wisata Panyaweuyan di Majalengka, Jawa Barat - Bisnis/Dea Andriyawan
Objek wisata Panyaweuyan di Majalengka, Jawa Barat - Bisnis/Dea Andriyawan

Bisnis.com, MAJALENGKA - Masyarakat Desa Sukasari Kidul, Argapura, Kabupaten Majalengka menyambut baik rencana pembukaan kembali objek wisata oleh Pemerintah Kabupaten Majalengka pada Sabtu (27/6/2020).

Sebelumnya, objek wisata di Majalengka ditutup oleh pemerintah lantaran adanya Pandemi Covid-19. Namun, seiring dengan penanganan Covid-19 yang mulai bisa dikendalikan, pemerintah mulai memberikan relaksasi terhadap objek wisata.

Salah satu yang bersukacita adalah para pedagang di objek wisata Panyaweuyan. Objek wisata yang terkenal lantaran pemandangan teraseringnya ini mulai menjadi pilihan masyarakat untuk berwisata karena memiliki spot foto yang menarik.

Berada di kaki Gunung Ciremai, Panyaweuyan menyuguhkan pemandangam terasering perkebunan dari ketinggian. Pengunjung biasanya menikmati indahnya tersering perkebunan dari ketinggian ditemani dengan jajanan lokal seperto bala-bala dan teh hangat.

Warga sekitar,‎ Yoyoh (50), mengatakan, sejak menjadi obyek wisata, tempat ini tidak hanya dikunjungi oleh wisatawan dalam negeri, melainkan wisatawan luar negeri dari Belanda, Singapura, Australia, dan India.

‎Wanita paruh baya yang sebelumnya berprofesi sebagai seorang petani ini pun, merangkap menjadi seorang pedagang. Di waktu akhir pekan, penghasilannya bisa mencapai Rp2 juta.

"Awalnya sempat kesal, karena diinjak sama pengunjung. Tetapi sekarang sudah pada mengerti, terus dapat berkah untung juga," katanya kepada tim Jelajah Segitiga Rebana II, Jumat (26/6/2020).‎

Bagi dia pembukaan kembali objeak wisata ini menjadi angin segar untuk perekonomian keluarganya. Karena sudah hampir empat bulan Yoyoh hanya bisa mendapatkan pelanggan dari warga yang melintas saja.

"Alhamdulillah sekarang mau ada rencana buka dari pemerintah," kata dia.

Ia berharap, meskipun akan kembali di buka, pengunjung tetap menerapkan protokol kesehatan yang baik agar tidak terjadi transmisi di kawasan wisata yang saat ini menjadi andalan bagi dirinya dan orang-orang yang juga menjadikan wisata Panyaweuyan sebagai ladang pencaharian.

"Serem juga, kita berharap pakai masker lah yang datang main ke sini," ungkapnya.

Adapun program Jelajah Rebana ini terlaksana berkat dukungan dari banyak pihak, a.l. Pemprov Jabar, Pemkab Majalengka, Bank BJB, PT Migas Hulu Jabar (MUJ), Dinas Perindustrian dan Perdagangan Jawa Barat, BIJB, Disparbud Jabar, JNE, XL dan Telkomsel. (K34)

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Jelajah Segitiga Rebana
Editor : Ajijah
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top